JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengoperasian Global Positioning System pada Kapal MT. Noni T saat Berlayar di Perairan Kupang

Wira Adhitya Pratama Simanjuntak (Program Studi Studi Nautika, Politeknik Pelayaran Malahayati)
Muhammad Sapril Siregar (Program Studi Studi Nautika, Politeknik Pelayaran Malahayati)
Sabaruddin Sabaruddin (Program Studi Studi Nautika, Politeknik Pelayaran Malahayati)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2023

Abstract

Global Positioning System (GPS) merupakan sistem navigasi yang memanfaatkan jaringan dari satelit dan membagikan informasi kepada pengguna tentang lokasi dimana kita berlayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan perawatan GPS di kapal MT. Noni T melalui faktor, strategi dan perawatan GPS di kapal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya akan dipaparkan secara analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini meliputi Captain dan crew kapal. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam dan studi pustaka. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang menyebabkan error fix position yaitu kurangnya keterampilan crew dan terputusnya power supply pada GPS; (2) Tindakan dalam mengatasi error fix position antara lain dengan melakukan pengecekan ke seluruh kabel-kabel serta setingan pada GPS dan jika permasalahan tidak juga ditemukan maka lakukan permintaan mendatangkan teknisi untuk memperbaiki GPS agar kembali berfungsi dengan normal; dan (3) Strategi perawatan GPS agar tidak terjadi error fix position diantaranya Lakukan pengecekan dengan rutin pada bagian-bagian GPS untuk memastikan GPS dapat selalu digunakan saat berlayar dan mengadakan pelatihan kepada crew agar mendapat pemahaman tentang cara perawatan peralatan navigasi khususnya GPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...