JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Perbandingan Efektivitas Antibakteri Ekstrak Kunyit Hitam (Curcuma caesia) dan Kunyit Kuning (Curcuma Domestica Val) terhadap Pertumbuhan Bakteri Escherichia Coli

Islawati Islawati (Program Studi Analis Kesehatan STIKes Panrita Husada Bulukumba)
Wiwi Salmiati (Program Studi Analis Kesehatan STIKes Panrita Husada Bulukumba)
Asnidar Asnidar (Program Studi Analis Kesehatan STIKes Panrita Husada Bulukumba)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan efektivitas antibakteri ekstrak kunyit hitam (Curcuma caesia) dan kunyit kuning (Curcuma domestica val) terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli. Metode penelitian ini merupakan Eksperimental Laboratories menggunakan design Semu Experimental Design dengan rancangan Post-test only control group design. Dimana ekstrak kunyit hitam dan kunyit kuning diperoleh dengan cara maserasi kemudian dilakukan destilasi selanjutnya divariasikan kedalam beberapa perlakuan konsentrasi yaitu 60%, 80% dan 100% serta kontrol positif kloramfenikol dan kontrol negatif aquadest. Kemudian dilanjutkan dengan metode difusi agar cara sumuran untuk menguji daya hambat ekstrak kunyit hitam dan kunyit kuning. Hasil yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji One Way Anova menunjukkan nilai p<0,05 artinya signifikan atau berbeda bermakna, sehingga dilanjutkan uji post-hoc Benferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kunyit hitam dan kunyit kuning mampu menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dengan daya hambat lemah hingga kuat. Untuk kunyit hitam memiliki daya hambat terbesar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...