JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas : Pembuktian Validitas untuk Materi Ekonomi Sekolah Menengah Atas (SMA)

Aufa Silmi (Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Padang)
Friyatmi Friyatmi (Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi tes ekonomi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Metode penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Terdapat 40 butir soal AKM kelas yang dikembangkan untuk literasi membaca dan literasi numerasi. Validitas butir soal dibuktikan melalui expert judgement yang melibatkan 3 ahli ekonomi. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa instrumen tes ekonomi berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan instrumen tes.Tes di uji coba kepada siswa kelas XI sebanyak 31 siswa di SMA N 1 Bukittinggi. Hasil uji coba terbatas diperoleh reliabilitas instrumen 0,797, tingkat kesukaran 0,53 dengan kategori sedang, dan daya pembeda 0,44 dengan kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...