JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis PDRB & Pengangguran Terbuka Mempengaruhi Kemiskinan di Riau Tahun 2012-2021

Dewi Margaretha (Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Dewi Margaretha)
Diky Syamhenri (Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Dewi Margaretha)
Sophia Amanda (Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan Dewi Margaretha)



Article Info

Publish Date
05 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji dan mengukur pengaruh PDRB, pengangguran terbuka, terhadap persentase penduduk miskin/kemiskinan di Provinsi Riau tahun 2012-2021. (2) menganalisis pengaruh PDRB dan tingkat pengangguran secara simultan terhadap persentase penduduk miskin di Provinsi Riau tahun 2012-2021. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Riau dengan menggunakan data sekunder berupa rangkaian data dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2021 berupa persentase penduduk miskin, nilai PDRB, dan nilai pengangguran. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDRB, dan tingkat pengangguran berpengaruh secara simultan terhadap persentase penduduk miskin di Provinsi Riau tahun 2012-2021. PDRB berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan, hal ini berarti jika PDRB meningkat maka diikuti dengan penurunan kemiskinan. Pengangguran terbuka berdampak positif dan signifikan terhadap kemiskinan, hal ini berarti jika pengangguran terbuka meningkat maka akan diikuti dengan peningkatan kemiskinan. Sedangkan sisanya sebesar 13% dipengaruhi oleh faktor lain yang berada di luar model.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...