Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
Vol 6, No 2 (2023): April 2023

Perancangan Game Trivia Budaya Sunda Menggunakan Scirra Construct

Fathin Sophosta Tocas (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Erfian Junianto (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Abstrak - Realisasi pelestarian nilai dan budaya Sunda bagi generasi muda di sekolah dapat menjadi salah satu bentuk upaya yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik dan lembaga pendidikan agar kearifan budaya lokal yang ada dapat tetap terjaga eksistensinya. Realisasi pelestarian nilai dan budaya Sunda sudah diterapkan oleh tenaga pendidik di SMA Negeri 6 Garut. Sekolah ini memiliki ekstrakurikuler sanggar seni teater bernama Seni Rupa Dua Tarogong (SERDUT) dengan kegiatan pagelaran seni rupa, pentas budaya, kearifan lokal, dan sebagainya. Di sekolah tersebut dikenalkan sastra Sunda pada mata pelajaran Bahasa Sunda. Namun penyampaian materi budaya Sunda oleh guru mata pelajaran tersebut terkesan monoton dan kurang sesuai dengan generasi muda zaman sekarang. Akibatnya para siswa kurang tertarik mempelajari budaya Sunda dan lebih tertarik mengeksplorasi budaya luar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan game edukatif jenis trivia yang berfokus pada “Kebudayaan Sunda” berbasis Android menggunakan Construct 2 dengan metode ADDIE. Hasilnya game trivia budaya cukup membantu proses pembelajaran guru dan siswa sebagai metode pembelajaran baru. Game edukatif ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Sunda yang mengembangkan kreativitas anak-anak untuk belajar sambil bermain.Kata kunci— Game Trivia, Budaya Sunda, Scirra Construct 2.  Abstract - The realization of the preservation of Sundanese values and culture for the younger generation in schools can be one form of effort that can be made by educators and educational institutions so that the existing local cultural wisdom can be maintained. The realization of the preservation of Sundanese values and culture has been implemented by educators at SMA Negeri 6 Garut. This school has a theater art studio extracurricular called Seni Rupa Dua Tarogong (SERDUT) with visual arts performances, cultural performances, local wisdom, and so on. At the school, Sundanese literature was introduced to Sundanese language subjects. However, the delivery of Sundanese cultural material by the subject teacher seems monotonous and not suitable for today's young generation. As a result, students are less interested in studying Sundanese culture and more interested in exploring foreign cultures. The purpose of this research is to develop an educational trivia game that focuses on "Sundanese Culture" based on Android using Construct 2 with the ADDIE method. The result is that cultural trivia games are quite helpful in the learning process of teachers and students as a new learning method. This educational game can be used as a medium for learning Sundanese that develops children's creativity to learn while playing.Keywords— Trivia Game, Sundanese Culture, Scirra Construct 2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnkti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah tahun 2018. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember baik ...