Penelitian model kooperatif TGT ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode pembelajaran Cooperative teams Games tournament (TGT) dilaksanakan guru PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar passing atas siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pada siklus I pelaksanaan Metode Pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar passing atas peserta didik dengan hasil 47,33% dapat dikategorikan rendah. Pada siklus II dengan hasil 64,6% dapat dikategorikan cukup dengan perkembangan meningkatnya motivasi belajar passing atas peserta didik. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Cooperative Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran PJOK khususnya pada materi bola voli dapat meningkatkan motivasi belajar passing atas peserta didik pada pembelajaran PJOK.
Copyrights © 2023