Jurnal Sains Riset
Vol 13, No 1 (2023): April 2023

PENGGUNAAN MODEL PIMCA BERBASIS MULTIPLE-REPRESENTATION PADA PEMBELAJARAN MATERI BARISAN DAN DERET

Adiputra Gideon Mukkun (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Manado, Kota Manado)
Anekke Pesik (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Manado, Kota Manado)
Anetha Tilaar (Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Manado, Kota Manado)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PIMCA Berbasis Multiple-Representation pada Pembelajaran Materi Barisan dan Deret. Tahap-tahap pelaksanaan Model PIMCA Berbasis Multiple-Representation, yaitu Presentation, Idea Mapping, Conceptualization, dan Assesment Formative. Hasil data diperoleh baha rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol, yaitu hasil selisih rata-rata kelas eksperimen, yaitu 56,25 sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol, yaitu 29,9. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil data ini membuktikan bahwa Penggunaan Model PIMCA Berbasis Multiple-Representationpada Pembelajaran Materi Barisan dan Deret efektif dan tepat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : PIMCA, Multiple-Representation, Hasil Belajar. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...