Euclid
Vol 6, No 1 (2019): Edisi Januari

Literasi Matematis Siswa

trusti hapsari (Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pencapaian literasi matematis siswa  dan upaya meningkatkan literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei. Responden penelitian sebanyak 108 siswa SMP kelas VIII. Data diperoleh melalui tes literasi matematis dan wawancara. Jawaban tes literasi matematis siswa dianalisis. Wawancara dilakukan untuk menggali penyebab siswa kesulitan dalam literasi matematis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pencapaian literasi matematis siswa rendah, (2) upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi matematis siswa adalah pembelajaran dengan menekankan konsep, membiasakan siswa menyelesaikan persoalan matematika yang terkait dengan konteks, memotivasi siswa untuk belajar dengan giat dan keras.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...