cover
Contact Name
Muchamad Subali Noto
Contact Email
msnoto@ugj.ac.id
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
euclid.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ). Jalan Pemuda No. 32, Kota Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 45132.
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Euclid
ISSN : 25414453     EISSN : 23551712     DOI : https://doi.org/10.33603/e.v10i1.7258
Core Subject : Education, Social,
The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies, and new technologies in mathematics education. The Journal invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in pure mathematics, applied mathematics, and mathematics education are welcome, which includes, but not limited to the following topics: Mathematics Learning Model, Assesment and Evaluation in Mathematics Teaching, Design/Development Research in Mathematics Education, Mathematics Ability, ICT in Mathematics Education, Ethnomathematics. Applied Mathematics: Environmental Mathematics, Industrial Mathematics, Computational Mathematics, Mathematical Economics, Financial Mathematics, Statistics. Pure Mathematics: Algebra, Geometry, Analysis, Discrete Mathematics/ Combinatorics.
Articles 186 Documents
PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA CALON GURU SD MELALUI IMPLEMENTASI FLIPPED CLASSROOM Suprih Widodo
Euclid VOL 4, NO 2 (2017): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.373 KB) | DOI: 10.33603/e.v4i2.316

Abstract

Abstrak—Kemampuan Komunikasi Matematik adalah salahsatu kemampuan yang harus dimiliki oleh calon guru Sekolah Dasar. Dengan memiliki kemampuan komunikasi matematik, calon guru SD tahu bagaimana menyampaikan pikiran dan ide-ide secara efektif menggunakan komunikasi lisan, tertulis dan nonverbal. Mereka mendengarkan secara efektif untuk menguraikan makna, seperti pengetahuan, nilai-nilai, sikap dan niat, dan menggunakan komunikasi untuk berbagai keperluan dalam tim dan lingkungan yang beragam. Penelitian ini mengimplementasikan Flipped Classroom yaitu sebuah metode pembelajaran yang melaksanakan pembelajaran di luar kelas dan di ruang kelas kelas secara bergantian agar lingkungan belajar di dalam kelas lebih interaktif, sehingga siswa dapat secara aktif terlibat dalam konten. Flipped Classroom pada penelitian ini dibangun dengan menggunakan GAFE (Google Apps for Education), yaitu sebuah tools yang disediakan oleh Google untuk pendidikan. Melalui perangkat ini Mahasiswa dan Dosen dapat berbagi ide secara efektif dalam memperoleh informasi, menuangkan ide dalam bentuk dokumen, lembar kerja, presentasi dan gambar atau portofolio. Kelebihan alat ini juga dapat membantu kolaborasi mahasiswa satu dengan yang lain secara realtime. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain pretes dan postes control group. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Flipped Classroom yang didesain dengan tools GAFE ini mampu memenuhi standar sebagai sebuah sistem manajemen pembelajaran. Selain itu kemampuan komunikasi mahasiswa calon guru sekolah dasar pada sampel yang menggunakan model Flipped Classroom ini lebih baik  dari kelas kontrol.
Literasi Matematis Siswa trusti hapsari
Euclid Vol 6, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.4 KB) | DOI: 10.33603/e.v6i1.1885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pencapaian literasi matematis siswa  dan upaya meningkatkan literasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei. Responden penelitian sebanyak 108 siswa SMP kelas VIII. Data diperoleh melalui tes literasi matematis dan wawancara. Jawaban tes literasi matematis siswa dianalisis. Wawancara dilakukan untuk menggali penyebab siswa kesulitan dalam literasi matematis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pencapaian literasi matematis siswa rendah, (2) upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan literasi matematis siswa adalah pembelajaran dengan menekankan konsep, membiasakan siswa menyelesaikan persoalan matematika yang terkait dengan konteks, memotivasi siswa untuk belajar dengan giat dan keras.
PENERAPAN MODEL INTEGER LINEAR PROGRAMMING PADA PENJADWALAN PETUGAS SATUAN PENGAMANAN Sri Maryam Mohungo; Lailany Yahya; Resmawan Resmawan; Djihad Wungguli
Euclid Vol 8, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.936 KB) | DOI: 10.33603/e.v8i1.3294

Abstract

Penjadwalan petugas satuan pengamanan merupakan salah satu permasalahan yang sering timbul pada sistem manajemen keamanan pada suatu tempat. Demikian pula manajemen keamanan pada unit keamanan kampus Universitas Negeri Gorontalo. Penjadwalan petugas satuan pengamanan yang tepat diperlukan untuk menghindari kelelahan bagi para petugas, baik fisik maupun psikologis yang dapat menurunkan kinerja para petugas. Dalam penelitian ini, permasalahan penjadwalan satuan pengamanan dimodelkan sebagai Integer Linear Programming (ILP) dengan fungsi objektif Linear, fungsi kendala Linear dan variabel berupa bilangan Integer. Dalam menyelesaikan permasalahan penjadwalan ini, maka akan diselesaikan dengan bantuan software LINGO 11.0. Fungsi objektif model ini adalah memaksimalkan hari kerja petugas satuan pengamanan dalam satu periode penjadwalan dengan 3 kali shift.
Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jalaksana Laelasari Laelasari; Ira Ratnasari
Euclid Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1042.08 KB) | DOI: 10.33603/e.v1i1.340

Abstract

Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan  model pembelajaran GI, untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL, serta untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran GI. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran GI”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana yang sampelnya dipilih secara random sampling yaitu kelas VIII A dan VIII B. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran GI dalam pokok bahasan relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana. Kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran GI lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL.Kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Group Investigation.
PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN ETNOMATEMATIK PADA MATERI BIDANG DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA Sri Asnawati; Irmawati Liliana K.D.; Fahrudin Muhtarulloh
Euclid Vol 2, No 2 (2015): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.784 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i2.363

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah menelaah peningkatan kemampuan pemahamanmatematis siswa yang memperoleh pembelajaran inkuiri dengan etnomatematik dansiswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi bidang datar. Penelitianini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa SMP Kelas VIIsebanyak 2 kelas yang terdiri dari 70 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakanmeliputi: (1) tes kemampuan pemahaman matematis, (2) observasi, (4) dokumentasi. Datadianalisis menggunakan uji-t atau uji mann whitney. Hasil temuan penelitianin adalah:(1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperolehpembelajaran inkuiri dengan etnomatematik lebih baik daripada peningkatankemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensionalnamun, keduanya masih berkualifikasi sedang. (2) kualifikasi peningkatan pemahamanmatematis yang menggunakan pembelajaran inkuiri dengan etnomatematika masihdalam kategori sedang (3) peningkatan pemahaman instrumental antara kelas ekspermendan kontrol adalah sama, namun peningkatan pemahaman relasional pada kelaseksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (4) Pencapaian pemahamanmatematis siswa kelas eksperimen adalah 19,44 dan kelas kontrol adalah 17,16. Capaianrerata postes keduanya tidak berbeda jauh.Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, Etnomatematika, Pemahaman Matematis.
DESAIN TUGAS UNTUK MENGIDENTIFIKASI PROSES KOGNITIF SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN Endang Krisnawati
Euclid Vol 5, No 2 (2018): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.985 KB) | DOI: 10.33603/e.v5i2.1123

Abstract

Untuk mengukur pemahaman siswa seringkali guru hanya menggunakan tes yang fokus pada kemampuan secara prosedural. Padahal ada tujuh proses kognitif dalam memahami konsep yang dapat digali lebih lanjut agar siswa dapat secara utuh memahami konsep, bukan hanya langkah proseduralnya saja. Proses pembuatan tugas ini dimulai dari penyusunan draft 1 yang dikonsultasikan kepada seorang profesor dan seorang doktor di bidang pendidikan matematika, selanjutnya draft 1 divalidasi oleh tiga orang validator dengan hasil layak digunakan tanpa perbaikan untuk tugas 2 dan 4 serta layak digunakan dengan perbaikan untuk tugas 1 dan 3. Berdasarkan hasil validasi kemudian dilakukan revisi sehingga terbentuk draft 2 untuk uji keterbacaan. Hasil dari uji keterbacaan adalah prototipe tugas final yang selanjutnya diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas tipe stabilitas dan tipe konsistensi internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tugas yang dirancang sudah memenuhi kriteria valid dan reliabel.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA DI KELAS VII-7 SMP NEGERI 18 TANGERANG SELATAN Rizqi Kurnia
Euclid Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.772 KB) | DOI: 10.33603/e.v7i1.2908

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk aljabar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantu alat peraga manipulatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2019/2020 pada bulan Agustus-Oktober 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 18 Tangerang Selatan yang berjumlah 38 Siswa. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum tindakan adalah 45,48 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 15,79%. Setelah dilakukan tindakan siswa memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I sebesar 66,91 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 52,63% dan masih belum mencapai target. Setelah melakukan perbaikan salah satunya yaitu menumbuhkan keaktifan Siswa saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung maka memperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus II sebesar 76,31 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 81,58%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VII-7 SMP Negeri 18 Tangerang Selatan.
PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ICT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII Rafiq Zulkarnaen
Euclid Vol 3, No 2 (2016): EDISI JULI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.864 KB) | DOI: 10.33603/e.v3i2.334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematissiswa kelas VII setelah diberikan pendekatan realistik berbantuan ICT. Dua sekolah dipilihpada kategori sekolah sedang dan rendah, kemudian secara purposif diambil masing-masingtiga kelas untuk mendapatkan tiga perlakuan pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitianmenunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatanrealistik berbantuan-ICT lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaranrealistik (tanpa berbantuan-ICT) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,ditinjau dari kategori sekolah dan data secara keseluruhan.Kata Kunci: pendekatan realistik berbantuan-ICT, penalaran matematis
Perilaku Siklus Bisnis Dalam Tinjauan Fraktal Muhammad Fajar
Euclid Vol 10, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.371 KB) | DOI: 10.33603/e.v10i1.8464

Abstract

Tujuan paper ini adalah untuk menyelidiki perilaku siklus bisnis dengan pendekatan fraktal. Data yang digunakan digunakan dalam penelitian adalah PDB riil dari 1983 – 2017 per kuartal yang bersumber dari Badan Pusat Statistik. Metode yang digunakan untuk mengekstraksi siklus adalah filter Hodrick-Prescott dengan penentuan smoothing parameter optimal, kemudian dimensi fraktal untuk menyelidiki perilaku siklus bisnis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diperoleh dimensi fraktal siklus sebesar 1.548, artinya bahwa siklus bisnis tidak murni berperilaku white noise sehingga fitting model dapat diterapkan guna menggali informasi. Namun, dalam proses fitting model tersebut akan mengalami kendala karena keberadaan efek shock krisis yang kuat.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PLOMP MATERI SEGIEMPAT Nurul Ikhsan Karimah
Euclid Vol 2, No 1 (2015): EDISI JANUARI
Publisher : Universitas Swadaya Gunung Jati.

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.02 KB) | DOI: 10.33603/e.v2i1.354

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi model Plomp terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, dan fase tes, evaluasi dan revisi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Buku Ajar. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari lembar validasi.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif TSTS melalui pendekatan multiple intelligencepada materi segiempat untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis.Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid menurut validator dengan rata-rata nilai validasi silabus 3.50, RPP 3.54, LKS 3.52, dan buku ajar 3.58. Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif TSTS melalui pendekatan multiple intelligencehendaknya juga dikembangkan untuk pokok bahasan lain dalam mata pelajaran matematika. Kata Kunci: Multiple Intelligence

Page 1 of 19 | Total Record : 186