Euclid
Vol 1, No 1 (2014): EDISI JANUARI

Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Jalaksana

Laelasari Laelasari (Pendidikan Matematika FKIP Unswagati Cirebon)
Ira Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2014

Abstract

Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa adalah dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan  model pembelajaran GI, untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL, serta untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran GI. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran GI”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana yang sampelnya dipilih secara random sampling yaitu kelas VIII A dan VIII B. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran GI dalam pokok bahasan relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Negeri 2 Jalaksana. Kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran GI lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL.Kata kunci: kemampuan pemahaman matematis, model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Group Investigation.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...