Euclid
Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA DI KELAS VII-7 SMP NEGERI 18 TANGERANG SELATAN

Rizqi Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk aljabar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning berbantu alat peraga manipulatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 18 Tangerang Selatan tahun pelajaran 2019/2020 pada bulan Agustus-Oktober 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-7 SMP Negeri 18 Tangerang Selatan yang berjumlah 38 Siswa. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum tindakan adalah 45,48 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 15,79%. Setelah dilakukan tindakan siswa memperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus I sebesar 66,91 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 52,63% dan masih belum mencapai target. Setelah melakukan perbaikan salah satunya yaitu menumbuhkan keaktifan Siswa saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung maka memperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada siklus II sebesar 76,31 dengan persentase pencapaian KKM sebesar 81,58%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VII-7 SMP Negeri 18 Tangerang Selatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...