Euclid
Vol 3, No 2 (2016): EDISI JULI

PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN ICT TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII

Rafiq Zulkarnaen (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematissiswa kelas VII setelah diberikan pendekatan realistik berbantuan ICT. Dua sekolah dipilihpada kategori sekolah sedang dan rendah, kemudian secara purposif diambil masing-masingtiga kelas untuk mendapatkan tiga perlakuan pembelajaran yang berbeda. Hasil penelitianmenunjukkan kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh pendekatanrealistik berbantuan-ICT lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaranrealistik (tanpa berbantuan-ICT) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional,ditinjau dari kategori sekolah dan data secara keseluruhan.Kata Kunci: pendekatan realistik berbantuan-ICT, penalaran matematis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...