Euclid
Vol 2, No 2 (2015): EDISI JULI

EVALUASI PROGAM CERTIFICATE IN GRAPHICS AND MULTIMEDIA TECHNOLOGY (CGMT) UNTUK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA

Dede Tri Kurniawan Kurniawan (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Swadaya Gunung Djati)
Wahyu Hartono (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Swadaya Gunung Djati)
Muchamad Subali Noto (Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Swadaya Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis program Certificate in Graphics and MultimediaTechnology (CGMT) yang dilakukan oleh program studi pendidikan matematika FKIPUnswagati Cirebon. CGMT merupakan sebuah pelatihan mengenai kompetensi TIK yangdiberikan kepada mahasiswa calon guru matematika yang diselenggarakan programstudi pendidikan matematika Unswagati Cirebon bekerjasama dengan lembaga ICTInternational bersertifikat PT. Lifelong Learning Multimatic. Kursus ini memberikanpengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa untuk menguasai pembuatan grafisdan multimedia pada komputer dengan menggunakan fitur – fitur canggih dalammembangun web dinamis dan memahami integrasi antara teori dan aplikasipenggunaannya. Evaluasi merupakan proses penggambaran, pencarian, dan pemberianinformasi yang sangat bermanfaat bagi pengambil keputusan dalam menentukanalternatif keputusan. Dalam hal program CGMT ini yang melibatkan banyak tahapanpekerjaan, pengelola memerlukan dukungan informasi evaluatif berorientasi manajemenyang handal. Model evaluasi yang tepat untuk program seperti ini adalah model CIPP(Context, Input, Process, Product). Dari hasil yang didapat diketahui bahwa ProgramCGMT ini memenuhi harapan mahasiwa calon guru matematika dalam meningkatkankompetensi TIK.Kata Kunci: Evaluasi Program, Model CIPP, Kompetensi TIK

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...