Euclid
Vol 7, No 1 (2020): Edisi Januari

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Tiara Afridiani (Unknown)
Slamet Soro (Unknown)
Ayu Faradillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMPN 174 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis quasy experiment dengan tipe the nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 174 Jakarta pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Sampel yang diteliti sebanyak 71 peserta didik dari kelas VII-D dan VII-G. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep matematis. Instrumen terlebih dahulu diuji coba di SMPN 160 Jakarta untuk 66 peserta didik pada kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Penelitian ini menggunakan uji normalitas, data yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal serta kedua kelas tersebut memiliki data varians kelompok yang berdistribusi homogen. Sehingga dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan t-hitung sebesar 1,9521 yang mengakibatkan tolak H0 pada taraf signifikansi 5% dengan effect size sebesar 0,5343 yang tergolong sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning berbasis lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kriteria sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...