Jurnal Borneo Akuatika
Vol 5, No 1 (2023): JURNAL BORNEO AKUATIKA

KOMBINASI CACING Tubifex SP DAN PAKAN KOMERSILTERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN IKAN ARWANA BRAZIL (Osteoglossum bicirrhosum)

Zulkarnain Zulkarnain (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak)
Eko Prasetio (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak)
Tuti Puji Lestari (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kombinasi pakan alami tubifex sp dan pakan alami untuk meningkatkan pertumbuhan ikan arwana brazil. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah  perlakuan A (tubifex sp), perlakuan B (75% tubifex + 25% pelet), perlakuan C(50% tubifex + 50% pelet), perlakuan D (75% pelet + 25% tubifex) dan perlakuan E (pelet). Hasil penelitian kombinasi pakan alami tubifex sp dan pakan buatan memberikan pengaruh yang nyata pada laju pertumbuhan mutlak dan Efesiensi Pemanfaatan Pakan serta tidak berpengaruh nyata pada pertumbuhan panjang mutlak dan kelangsungan hidup ikan arwana brazil. Hasil penelitian pertumbuhan bobot mutlak terbaik terdapat pada perlakuan B (tubifex sp 75% + 25% pelet) dengan rata-rata sebesar 1,56 gr, pada pertumbuhan panjang mutlak terbaik terdapat pada perlakuan A (tubifex sp) dengan rata-rata sebesar 2,63 cm. Efesiensi pakan terbaik terdapat pada perlakuan B (tubifex sp 75% + 25% pelet) dengan rata-rata sebesar 69,33 %, pada tingkat kelangsungan hidup terbaik terdapat pada perlakuan A yaitu 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal penelitian bidang kajian perikanan dan ilmu kelautan yang meliputi manajemen sumberdaya perairan, akuakultur, pengakapan ikan, teknologi hasil perikanan, sosial ekonomi dan ilmu ...