Jurnal Borneo Akuatika
Vol 5, No 1 (2023): JURNAL BORNEO AKUATIKA

EFEKTIFITAS PENAMBAHAN TEPUNG AZOLLA PADA PAKAN KOMERSIL UNTUK MEMACU PERTUMBUHAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN TENGADAK (Barbonymus schwanenfeldii)

Muhammad Dicky Ardyan (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak)
Eka Indah Raharjo (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak)
Rudi Alfian (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UM Pontianak)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pakan yang ditambahkan dengan tepung tanaman air azolla dan menentukan presentase penambahan tepung azolla terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan tengadak (Barbonymus schwanenfeldii). Rancangan yang  digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan, masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali ulangan . Perlakuan A : 100 % Pakan Komersil, B : 90 % Pakan Komersil + 10 % tepung Azolla, C : 80 % Pakan Komersil + 20 % tepung Azolla dan D : 70 % Pakan Komersil + 30 % tepung Azolla. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan pakan yang ditambahkan dengan tepung tanaman air azolla F hitung sebesar 30,66 ≥ dari  F tabel 5%(4,07) dan ≥ dari F tabel 1%(7,59) yang berarti antara perlakuan menunjukan berbeda sangat nyata dari analisis variansi pertumbuhan panjang mutlak ikan tengadak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal penelitian bidang kajian perikanan dan ilmu kelautan yang meliputi manajemen sumberdaya perairan, akuakultur, pengakapan ikan, teknologi hasil perikanan, sosial ekonomi dan ilmu ...