Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
2023: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura

Hubungan antara persepsi siswa tentang modul digital dan persepsi siswa tentang belajar matematika

Ellyta Nuriawati (Universitas Mulawarman)
Safrudiannur Safrudiannur (Universitas Mulawarman)
Asyril Asyril (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
06 May 2023

Abstract

Salah satu sumber atau media yang didukung oleh teknologi yang dapat diakses oleh siswa secara mandiri adalah modul digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang modul digital dan persepsi siswa tentang belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional kuantitatif dengan metode survei, yaitu menggunakan instrumen kuantitatif dengan responden sebanyak 85 siswa SMA Negeri 5 Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata persepsi siswa menggunakan modul digital adalah 72,74 dengan kategori sedang dan persepsi siswa tentang belajar matematika adalah 60,12 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis statistik inferensial menggunakan uji korelasi rank spearman didapat nilai koefisien korelasi sebesar 0,344 dan arah hubungan positif dengan nilai signifikansi 0,001˂0,050. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan antara persepsi siswa tentang modul digital dan persepsi siswa tentang belajar matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mathedu

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura merupakan Prosiding Ilmiah yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang Matematika, Pendidikan Matematika dan Pembelajarannya dari hasil Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh Program Studi ...