cover
Contact Name
Novalin C Huwaa
Contact Email
prosidingsemnasmathedu@gmail.com
Phone
+6281312409360
Journal Mail Official
prosidingsemnasmathedu@gmail.com
Editorial Address
Gedung Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Unpatti Poka-Ambon, Maluku, Indonesia
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Published by Universitas Pattimura
ISSN : 27163903     EISSN : 2716389X     DOI : doi.org/10.30598/
Core Subject : Education,
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura merupakan Prosiding Ilmiah yang memuat tulisan-tulisan ilmiah tentang Matematika, Pendidikan Matematika dan Pembelajarannya dari hasil Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang diselenggarakan tiap tahunnya oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unviersitas Pattimura
Articles 35 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA XAVERIUS AMBON DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA MATERI TRIGONOMETRI Fritz Gerald Latumahina; Wilmintjie Mataheru; Novalin C Huwaa
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.632 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Xaverius Ambon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-2 SMA Xaverius Ambon tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan guru berperan sebagai pengajar dan berlangsung 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II, yang mana nilai akhir siklus I menunjukan sebanyak 45,83% (11 orang siswa), yang memperoleh nilai 66, setelah itu siklus II meningkat menjadi 70,83% (17 orang siswa). Dilihat hasil dari siklus I dan siklus II maka telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Xaverius Ambon pada materi trigonometri.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS VII-2 SMP NEGERI 12 AMBON Alvionita Nanlohy; Juliana S Molle; Magy Gaspersz
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.526 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Ambon pada materi Aritmatika Sosial dengan menggunakan model kooperatif tipe make a match. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 12 Ambon. Subjek pada penelitian ini berjumlah 7 orang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes akhir setiap siklus. Hasil tes akhir siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan dengan memperoleh persentase hasil belajar >65% adalah 1 subjek, kemudian pada siklus II, semua subjek (7 subjek) mencapai kriteria ketuntasan dengan memperoleh persentase hasil belajar >65%. Hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial dapat ditingkatkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas VII-2 SMP Negeri 12 Ambon
KOMPARASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI Fanuela Paunno; Anderson L Palinussa; Novalin C Huwaa
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.908 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman konsep siswa yang masih lemah terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Tipe penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Posttes Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Ambon, dengan sampel dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang di gunakan adalah tes hasil belajar (Post test) bentuk isian sebanyak 5 soal. Berdasarkan analisis data, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai post test 70.75. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai post test 60.64. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dengan taraf signifikansi 0.05, didapat nilai sig. (2-tailed) 0.022 . Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X IPA SMA Negeri 5 Ambon yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran konvensional pada materi perbandingan trigonometri.
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 10 AMBON Feronika Kempirmase; Carolina Selfisina Ayal; Darma Andreas Ngilawajan
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.362 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitaif-kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 10 Ambon. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa yang diambil dari kelas XI IPA2, yaitu 1 siswa dengan kategori sedang, 1 siswa dengan kategori rendah dan 1 siswa dengan kategori sangat rendah. Pengambilan subjek berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa. Materi barisan dan deret aritmatika diberikan untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa dalam meneyelesaikan soal HOTS. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS materi barisan dan deret aritmatika dari empat soal yang diberikan masih tergolong sangat rendah. Berdasarkan hasil tes dan wawancara dari ketiga subjek menunjukan bahwa siswa lebih cenderung merasa kesulitan pada saat memasuki tahap menganalisis dan mengevaluasi. Siswa sering lupa dengan konsep yang terkait dengan soal sehingga menyulitkan mereka untuk menyelesaiakan soal apalagi soal yang berbentuk soal HOTS yang lebih bersifat kontekstual dan membutukan kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi yang tinggi
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X IIS SMA XAVERIUS AMBON Shella N Rupiassa; Anderson L Palinussa; Hanisa Tamalene
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.542 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan model pembelajaran konvensional pada materi perbandingan trigonometri di kelas X IIS SMA Xaverius Ambon. Model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) adalah proses pembelajaran yang menekankan pada kegiatan belajar siswa, sehingga siswa secara aktif membangun sendiri pengetahuannya secara pribadi maupun kelompok, dengan cara mengintegrasikan ketiga aspek tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian Post Test Only Group. Populasinya adalah siswa kelas X IIS SMA Xaverius Ambon. Sampel penelitian ini adalah 30 siswa di kelas X IIS1 dan 30 siswa di kelas X IIS2. Peneliti menjadikan kelas X IIS1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajran AIR dan kelas IIS2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, pengambilan sampel ini dengan cara sampel populasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen dengan model pembelajran AIR dengan nilai rata-rata tes sebesar 74.64. Sedangkan kelas control dengan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata tes sebesar 48.85. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan α = 0,05, diperoleh bahwa thitung = 5.778661 dan ttabel = 2.0017 dengan taraf kepercayaan 95% dan taraf kesalahan 5% maka berdasarkan kriteria uji-ttes dua sampel thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima , artinya ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan model pembelajaran konvensional pada materi perbandingan trigonometri di kelas X IIS SMA Xaverius Ambon.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI STATISTIKA Frilia P Souhoka; Carolina Selfisina Ayal; Christina Martha Laamena
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.952 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Ambon menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan model pembelajaran konvensional pada materi statistika. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksperimental (Experimental Research). Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Post-Test Only Control Group Design. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik uji inferensial yang terdiri dari uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data dalam pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Make A Match dan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan dengan hasil atau data yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari nilai yaitu 0.028
METAKOGNITION ANALYSIS OF CLASS X SMA NEGERI 5 AMBON IN SOLVING THE SYSTEM PROBLEM OF THREE LINEAR EQUATOINS Diana Prisillia Huwae; Carolina Selfisina Ayal; Juliana S Molle
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.84 KB)

Abstract

This study aims to illustrate the activities of grade X students of SMA Negeri 5 Ambon in solving the system problems three variables of linear equations with high, medium and low categories of mathematical abilities. This type of research is quantitative-qualitative. The subject in this study was taken using purposive sampling techniques. The subject in this study was 3 people with 1 person representing each category of mathematical abilities (high, moderate, and low). Research shows that students of grade X SMA N 5 Ambon in solving the system of three variables of linear equations with high category mathematics skills involving knowledge and activity. Subjects involve their activities such as planning, monitoring and evaluation activities. Students of Grade X SMA N 5 Ambon in solving a system of three-variable linear equations in the moderate mathematical category, involving knowledge and activities. Subjects involve their activities such as planning and evaluation activities. However, the subject does not involve monitoring activities. The subject also does not write conclusions from the results obtained. Students of Grade X SMA N 5 Ambon in solving a system of three-variable linear equations in the low mathematics category, involving knowledge and activity. The subject involves only planning activities. Monitoring and evaluation activities are not involved
Desain Lembar Kerja Mahasiswa dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Pembelajaran Sistem Pembuktian Novalin C Huwaa; Christi Matitaputty
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.571 KB)

Abstract

Pembuktian teorema atau lemma dalam mata kuliah Analisis Real masih sulit dipahami oleh mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unpatti dikarenakan masih banyak mahasiswa yang belum mengerti materi dasar pendukungnya yaitu metode-metode dalam pembuktian matematika dengan baik. Padahal materi tersebut sudah pernah dipelajari pada mata kuliah-mata kuliah dasar. Dengan demikian dalam penulisan ini dibahas tentang desain lembar kerja mahasiswa (LKM) dengan menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat digunakan untuk membantu mahasiwsa program studi pendidikan matematika FKIP Unpatti untuk mempelajari materi sistem pembuktian
PENERAPAN BACKPROPAGATION UNTUK PREDIKSI DAN ANALISA PENYAKIT DIABETES MELITUS DI KOTA AMBON Dorteus Lodewyik Rahakbauw; Frejon Tahya; Marsa Sopaheluwakan
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.92 KB)

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit yang disebabkan oleh terlalu banyak kadar gula dalam darah. Berdasarkan data WHO pada tahun 2010, jumlah penderita DM tipe 2 di Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan secara signifikan hingga 21,3 juta jiwa pada 2030 mendatang. Dalam penelitian ini, metode backpropagation pada jaringan syaraf tiruan digunakan untuk memyelesaikan masalah penyakit ini. Berdasarkan data rekam medis 40 pasien RSUD Haulussy Ambon, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode backpropagation memiliki eror minimum 0,00008 yaitu pada pasien 13 dan 15 sedangkan eror maksimum 0,00747 yaitu pada pasien 18 dan dislipidemia merupakan faktor risiko yang tidak mempengaruhi secara signifikan penyakit diabetes melitus dengan presentase 77,5%.
KAJIAN STRUKTUR SUPER n-MATRIKS Marsa Sopaheluwakan; Berny Pebo Tomasouw; M E Rijoly
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura 2019: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.274 KB)

Abstract

Super n-matriks merupakan suatu kajian dari supermatriks yang digeneralisasikan. Struktur super n-matriks terbentuk dari gabungan n-supermatriks yang terpatisi menurut aturan baris dan kolom tertentu. Jika V_1,V_2,…,V_n dengan n>3 merupakan supermatriks-supermatriks yang berbeda dimana V=V_1 ⋃ V_2 ⋃… ⋃ V_n maka V disebut super n-matriks (operasi ⋃ hanya simbol). Dengan kata lain, V adalah perpaduan antara n supermatriks atau supermatriks berdimensi n. Penelitian ini mengkaji beberapa definisi super n-matriks antara lain super n-matriks baris dan kolom, super n-matriks persegi dan persegi panjang, super n-matriks simetris, dan semi super n-matriks. Jika V^T merupakan transpose dari super n-matriks kolom V, maka VV^T dan V^T V merupakan dua super n-matriks simetri yang berbeda.

Page 1 of 4 | Total Record : 35