VALUE: Jurnal Ilmiah Akuntansi, Keuangan dan Bisnis
Vol 4 No 1 (2023): April 2023 - September 2023

PENGEMBANGAN STRATEGI BISNIS DENGAN ANALISIS SWOT PADA PABRIK KRIPIK SINGKONG SUMENEP

Imam Darul Firmansyah (Unknown)
Moh. Kurdi (Unknown)
Nurdody Zakki (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2023

Abstract

Perkembangan perekenomian suatu bangsa merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa itu sendiri maka perlunya dan peningkatan perekonomian dan salah satu indikator peningkatan perekonomian tersebut adalah bagaimana meningkatkan beberapa pengembangan unit usaha yang dilakukan oleh masyarakat dengan tetap pada solusi dan kebijakan dari pemerintah. Kebijakan pemerintah sebagai kontrol dalam melakukan kegiatan perekonomian sehingga dapat berjalan dengan baik dan dapat dikontrol. Penelitian ini memberikan beberapa alternatif solusi strategi pada bidang usaha yang digeluti oleh usaha kecil menengah yang telah berkembang sehingga tetap pada pengembangan yang lebih intensif lagi kedepannya, penelitian ini juga bertujuan untuk bagaimana meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan yang lebih baik dengan terlebih dahulu melakukan kajian mendalam tentang analisis, permasahan dan tantangan yang akan dihadapi oleh usaha kripik singkong tersebut, dengan menekankan pada penelitian kualitatif dengan proses analisi SWOT untuk mendapatkan beberapa kesimpulan yang diharapkan yang kemudian ditemukan beberapa kesimpulan dari analisis SWOT tersebut pada usaha kripik singkong. Dalam memecahkan permasalahan yang ada, maka metode analsis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis SWOT sebagai alat untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi pabrik singkong di Kabupaten Sumenep berada pada kuadran I yaitu Agressive Strategy, dimana perusahaan harus lebih optimal menangkap peluang dengan kekuatan yang dimiliki. Maka Strategi yang bisa diterapkan untuk pengembangan pabrik keripik singkong di Kabupaten Sumenep adalah memperluas jangkauan produk di pemasaran baik di lokal maupun pemasaran impor, memperbanyak lagi inovasi produk agar bisa lebih banyak lagi laba dari penjualan, dan berusaha lagi agar produk ini semakin maju dan lebih dikenal luas lagi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

value

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

VALUE Jurnal Ilmiah Akuntansi, Keuangan dan Bisnis accepts articles in the form of research results, literature review, brief research related to the fields of accounting, Government accounting, public finance, budgeting, Corporate governance, Islamic accounting, Islamic finance, Business ...