Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2018): Edisi Januari

PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD

Rizki Ameli (SDN Kebon Baru 07 Jakarta)



Article Info

Publish Date
07 May 2018

Abstract

AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap, aktivitas, dan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw II, yang  bertujuan untuk mendeskripsikan sikap, aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw II. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode PTK menurut Kemmis & Taggart yang dalam implementasinya terdiri dari empat tahapan yaitu planning, action, observation, dan reflection yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini meliputi lembar observasi, lembar wawancara, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, lembar catatan lapangan, skala sikap, dan dokumentasi. Guru harus menerapkan langkah-langkah model cooperative learning teknik jigsaw II dengan benar dan pemberian penghargaan agar siswa termotivasi. Temuan siklus I diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran keaktifan siswa hanya tertuju pada beberapa siswa, diperoleh rata-rata hasil aktivitas kelompok mencapai  58,93 sedangkan hasil rata-rata evaluasi individu mencapai 72,81. Siklus II diperoleh temuan bahwa sebagian besar siswa sudah menunjukkan keaktifan dan kerjasama yang semakin kompak. Sehingga diperoleh rata-rata aktivitas kelompok 75 dan rata-rata hasil evaluasi individu mencapai 83,33. Hasil temuan siklus III menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu rata-rata aktivitas kelompok mencapai rata-rata 84,82 sedangkan hasil evaluasi yaitu 86,96. Kesimpulannya bahwa model cooperative learning teknik jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD. Rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mengembangkan penelitian ini lebih luas dan berkualitas. Kata kunci: Keterampilan Interpersonal; Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw II

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...