cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 89 Documents
Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Fitri Ayu Febrianti
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 2 (2021): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.879 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v4i2.5354

Abstract

Abstrak.  Krisis literasi sains menjadi masalah serius untuk pembelajaran abad 21. Dewasa ini, pembelajaran dituntut berbasis teknologi untuk meningkatkan mutu pembelajaran, salah satunya ialah membuat buku digital (digital book) berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan efektivitas digital book dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini ialah Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDS IT Darul Muta’alimin dengan subjek penelitian pada uji coba terbatas 5 orang siswa dan uji coba luas pada kelas V A yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitiannya ialah: (1) hasil validasi oleh dua orang validator ahli terhadap digital book berbasis Flip PDF Professional mendapatkan skor rata-rata 4,7. (2) hasil keefektifan ditinjau dari tiga aspek, yakni pretest, posttest, dan N-Gain. Nilai hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata siswa yaitu 50 dan nilai posttest menunjukkan 87, serta memperoleh kriteria N-Gain 0,74 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, produk digital book berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan dapat dipergunakan dalam pembelajaran ekosistem di kelas V SD.Kata kunci: Digital Book, Flip PDF Professional, Kemampuan Literasi Sains Abstract. The crisis of scientific literacy is a serious problem for 21st century learning. Today, technology-based learning is required to improve the quality of learning, one of which is making digital books based on Flip PDF Professional. This study was conducted to determine the level of validity and effectiveness of digital books in an effort to improve students' scientific literacy skills in science subjects. This type of research is Research and Development (R&D) with a 4D research model. This research was carried out in 5th grade of SDS IT Darul Muta'alimin with research subjects in a limited trial of 5 students and an extensive trial in 5th A grade, totaling 20 students. The results of the research are: (1) the results of validation by two expert validators on a digital book based on Flip PDF Professional get an average score of 4.7. (2) the results of the effectiveness in terms of three aspects, namely pretest, posttest, and N-Gain. The value of the pretest results showed the average score of students was 50 and the posttest value showed 87, and obtained the N-Gain criteria of 0.74 in the high category. Thus, the digital book product based on Flip PDF Professional that was developed can be used in learning ecosystems in 5th grade.Keywords: Digital Book, Flip PDF Professional, Scientific Literacy Skills
Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak Usia Sekolah Dasar melalui Media Komik Edukasi SETION Sang Aji Prawismo; Aurila Putri Marhaeni; Selly Pramuswari; Yuniawatika Yuniawatika
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.202 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v6i1.8066

Abstract

Abstrak. Kekerasan seksual adalah hal mengerikan dan menakutkan yang bisa dialami anak usia sekolah, tanpa memandang jenis kelamin. Angka kejadian kekerasan seksual terhadap anak diketahui semakin meningkat seiring dengan dampak globalisasi. Di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi banyak laporan kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur baik di rumah, di masyarakat, dan di lingkungan pendidikan, serta di pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Permasalahan yang berkaitan dengan kasus pelecehan dan kekerasan seksual juga dijumpai di lingkungan mitra pogram, SDN Plosokerep 02 Blitar. Dengan menggabungkan antara komik dengan Pendidikan Seks terciptalah komik SETION sebagai media penyampaian pendidikan seks kepada anak. Implementasi program SETION dilaksanakan di SDN Plosokerep 2 Blitar tepatnya di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. Program ini berlangsung selama kurang lebih tiga bulan mulai dari bulan September sampai dengan November. Dengan menggabungkan antara komik dengan Pendidikan Seks terciptalah komik SETION yang mampu memberikan pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa mengenai pengetahuan seks sehingga dapat membentengi diri mereka agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang berbau pornografi, pelecehan seksual, bahkan kekerasan seksual.Kata Kunci: Anak Komik, Pendidikan Seks, Sekolah Dasar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN LET’S PLAY Apri Utami Parta Santi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.409 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i1.1558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika khususnya materi tentang uang melalui penggunaan media permainan Let’s Play. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B di SD Negeri Pengasinan 03 Depok, sebanyak 36 siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pengasinan 03 Depok, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, khususnya kelas III. Penelitian ini dilakukan dengan metode siklus yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis and Mc. Taggart sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran matematika khususnya materi uang melalui penggunaan media permainan Let’s Play pada siklusnya mengalami peningkatan dari 44,44% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II, sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan media permainan Let’s Play dalam pembelajaran matemtika dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan melatih kerjasama dalam kelompok.
Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And Create (RADEC) yang Berorientasi Penyelidikan Poppy Anggraeni; Wahyu Sopandi; Septinaningrum Septinaningrum; Ai Hayati; Tursinawati Tursinawati; Yosi Gumala Yosi Gumala
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (889.207 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v4i1.4398

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara komprehensif mengenai keterampilan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran RADEC berorientasi penyelidikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu mixed methods, dengan sampel sebanyak 29 orang mahasiswa PGSD. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan berpikir kritis mengacu pada 5 aspek Critical Thinking Abilities yang dikembangkan Ennis (2011). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD pada materi perkembangbiakan pada tumbuhan melalui pembelajaran RADEC berorientasi penyelidikan  memiliki kategori cukup (53,4%). Adapun keterampilan berpikir kritis tertinggi pada aspek the bases for a decision (59,1%) dan persentase terendah pada aspek basic clarification (44,5%). Hasil uji hipotesis menggunakan software SPSS 22 menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara mahasiswa PGSD perempuan dan laki-laki. Namun demikian, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis perempuan (55,3) lebih besar daripada laki-laki (45,8), maka dapat disimpulkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD perempuan lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD laki-laki.Kata kunci: Keterampilan berpikir kritis, RADEC, Penyelidikan
Pengembangan Media Powtoon dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Diyan Marlina
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 6, No 1 (2023)
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.573 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v6i1.8030

Abstract

Abstrak. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media powtoon dalam pembelajaran IPA kelas IV SDN Krowe 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV SD Negeri . Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh melalui wawancara, angket validasi, angket respon dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powtoon dalam pembelajaran IPA valid berdasarkan hasil penilaian ahli materi sebesar 86% (sangat valid), ahli media sebesar 84% (sangat valid), ahli bahasa sebesar 88% (sangat valid). Persentase keseluruhan dari ketiga ahli validasi tersebut adalah 86% yang dapat disimpulkan bahwa media powtoon sangat layak diuji cobakan pada siswa kelas IV. Tingkat kelayakan media powtoon dalam pembelajaran IPA berdasarkan penilaian angket respon siswa mendapatkan persentase 94% dengan kategori "sangat valid". Penilaian angket respon guru mencapai persentase 90% dengan kategori "sangat valid". Tingkat kelayakan media powtoon dalam pembelajaran IPA berdasarkan hasil tes evaluasi siswa setelah uji coba produk memperoleh rata-rata 83. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPA menggunakan media powtoon dapat mempermudah siswa memahami materi.Kata kunci: Media Powtoon, Pembelajaran IPA 
Studi Lingkungan Desa Pentingsari Kabupaten Sleman Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SD Savira Ningrum; Ikhlas Suryawati; Setia Setia; Lia Aliatul Ilmi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 2 (2018): Edisi Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.253 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v1i2.2312

Abstract

Abstrak : Studi Lingkungan ini bertujuan untuk menggali, mengkaji, dan mendeskripsikan pengetahuan sosial yang ada pada suatu daerah yang dapat dijadikan suatu sumber pembelajaran IPS yang menarik kepada peserta didik. Studi lingkungan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Studi lingkungan ini dilakukan di  Desa Wisata yaitu Desa Pentingsari Sleman Yogyakarta, dengan subjek Masyarakat Setempat dan Kondisi sosialnya. Dalam studi lingkungan ini kami mengumpulkan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil studi lingkungan ini menunjukan bahwasannya kebudayaan-kebudayaan dan kebiasaan sosial masyarakat dapat dijadikan sumber pembelajaran IPS yakni dari segi : (1) Sejarah desa pentingsari, (2) Kondisi Geografis desa pentingsari, (3) Kondisi Demografi desa pentingsari.Abstract : This study  environmental study aims to multiply, examine and describe the social knowledge that exists in an area that can be used as an interesting source of IPS learning to students. this environmental study uses a qualitative approach. this environmental study was conducted in pentingsari tourist village sleman yogjakarta with the subject of local people and their social conditions. In this environmental study we collected data through interviews, observation and documentation. The results of this environmental study show that the culture and social habits of the community can be used as sources of learning,terms of : (1) village history pentingsar, (2) Geographical conditions of the village pentingsari , (3) village demograpihic conditions pentingsari. Kata Kunci. Studi Lingkungan, Ilmu Pengetahuan Sosial, Desa Pentingsari  
Analisis Persepsi Guru dan Siswa SDN Pagu 1 Terhadap Efektifitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Aprelita Hana Sajida; M. Anas Thohir
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 2 (2022): Juli
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.58 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i2.6935

Abstract

Abstrak. Pembelajaran daring adalah suatu proses interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa secara jarak jauh melalui handphone atau laptop atau media digital lainnya yang sesuai dan menggunakan akses internet secara penuh. Dalam penerapannya, setiap sekolah pastinya memiliki kebijakannya masing-masing. Di SDN Pagu 1, pembelajaran daring dilaksanakan melalui berbagai macam media digital agar siswa tidak mudah bosan. Namun, berdasarkan metode wawancara yang ditujukan kepada guru dan angket terbuka yang ditujukan pada siswa, menunjukkan hasil bahwa pembelajaran daring masih kurang efektif jika diterapkan untuk siswa SD. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan pembelajaran daring berdasarkan pandangan dari guru dan siswa SDN Pagu 1.Kata Kunci. Pembelajaran Daring, Siswa, Guru
PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW II UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD Rizki Ameli
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 1, No 1 (2018): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.14 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v1i1.1171

Abstract

AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap, aktivitas, dan hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw II, yang  bertujuan untuk mendeskripsikan sikap, aktivitas, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning teknik jigsaw II. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode PTK menurut Kemmis & Taggart yang dalam implementasinya terdiri dari empat tahapan yaitu planning, action, observation, dan reflection yang terdiri dari tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga tindakan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini meliputi lembar observasi, lembar wawancara, lembar kerja siswa, lembar evaluasi, lembar catatan lapangan, skala sikap, dan dokumentasi. Guru harus menerapkan langkah-langkah model cooperative learning teknik jigsaw II dengan benar dan pemberian penghargaan agar siswa termotivasi. Temuan siklus I diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran keaktifan siswa hanya tertuju pada beberapa siswa, diperoleh rata-rata hasil aktivitas kelompok mencapai  58,93 sedangkan hasil rata-rata evaluasi individu mencapai 72,81. Siklus II diperoleh temuan bahwa sebagian besar siswa sudah menunjukkan keaktifan dan kerjasama yang semakin kompak. Sehingga diperoleh rata-rata aktivitas kelompok 75 dan rata-rata hasil evaluasi individu mencapai 83,33. Hasil temuan siklus III menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang diharapkan, yaitu rata-rata aktivitas kelompok mencapai rata-rata 84,82 sedangkan hasil evaluasi yaitu 86,96. Kesimpulannya bahwa model cooperative learning teknik jigsaw II dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD. Rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai gambaran untuk mengembangkan penelitian ini lebih luas dan berkualitas. Kata kunci: Keterampilan Interpersonal; Model Cooperative Learning Teknik Jigsaw II
Penggunaan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Materi Dongeng) pada Anak Sekolah Dasar Elin Rosmaya
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2020): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.777 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v3i1.3189

Abstract

Abstrak.  Urutan keterampilan berbahasa yang diperoleh anak secara berurutan dimulai dari keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis.  Pada keterampilan berbicara ini, anak yang menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa ibu merasa kesulitan berbicara menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negaranya. Kecanggungan dan rasa tidak percaya diri merupakan faktor utama anak daerah kesulitan berbicara di depan umum menggunakan bahasa Indonesia dengan memperhatikan faktor kebahasaan yang tepat. Hal ini juga menjadi permasalahan yang dikeluhkan guru SDN I dan SDN II Ciparay Kecamatan Leuwimunding kabupaten Majalengka. Untuk itu, penulis melakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Metode Picture and picture untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Materi Dongeng) Pada Anak sekolah Dasar.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode picture and picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak di kelas III dan untuk mengetahui keefektifan metode picture and picture dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak.  Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa siswa yang menggunakan metode picture and picture dapat dengan mudah menceritakan kembali dan mengungkapkan pesan dongeng dibandingkan dengan yang menggunakan metode snowball throwing.  Hal ini menunjukan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara anak SD terutama materi mengungkapkan pesan dongeng menggunakan kosakata baru dan kalimat efektif. Kata Kunci : Picture and picture, Keterampilan Berbicara 
Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Se-Kecamatan Tirtamulya Yayan Alpian; Sri Wulan Anggraeni; Haerudin Haerudin; Yuly Nopianthie
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 5, No 1 (2022): Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.633 KB) | DOI: 10.33603/caruban.v5i1.6009

Abstract

Abstrak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD se-Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri yang ada di Kecamatan Tirtamulya yang berjumlah 168 guru. Dengan mengambil sampel 10% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 63 guru. Teknik pengumpulan data melalui angket motivasi kerja dan disiplin kerja serta kinerja guru. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Hal ini diperoleh thitung> ttabel maka hipotesis diterima, dilihat dari uji parsial Sebesar 3,920 > 2,000 untuk motivasi kerja, untuk disiplin kerja thitung> ttabel hipotesis diterima, dilihat dari uji parsial Sebesar 4,238 > 2,000, dan kinerja guru Fhitung > Ftabel = 56,624 > 2,000 berupa nilai positif dan adanya pengaruh X1 dan X2 terhadap Y secara bersama-sama. Sehingga bisa dianggap bahwa semakin tinggi motivasi kerja dan disiplin kerja maka semakin tinggi pula kinerja guru.Kata Kunci: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Guru