Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari

Desain Buku Cerita Anak Berbasis Nilai Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Teks Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Qonita Putri (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Mudopar Mudopar (Universitas Swadaya Gunung Jati)
Ira Rahayu (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendesain buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Penyusunan buku cerita ini dilatarbelakangi adanya permasalahan bahwa penyediaan buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal sebagai penunjang pembelajaran teks fiksi di sekolah dasar masih minim. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengembangkan buku cerita anak ini yakni penelitian kualitatif dengan metode penelitian desain (design based research). Buku cerita anak berbasis kearifan lokal yang disusun terdiri dari empat cerita. Keempat cerita tersebut berjudul Hutan Mangroveku yang Malang, Menjaga dengan Hati, Pasar Muludan serta Dewi dan Topeng Merahnya. Buku cerita anak yang disusun kemudian divalidasi oleh tim ahli dan praktisi. Adapun tim ahli yang dijadikan sebagai validator yakni dosen bahasa dan sastra Indonesia, sedangkan praktisi yang dijadikan validator yakni beberapa orang guru sekolah dasar yang ada di daerah Cirebon. Berdasarkan hasil validasi membuktikan bahwa buku cerita anak berbasis nilai kearifan lokal yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, dalam arti buku cerita tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran teks fiksi. Kata Kunci. Buku cerita anak, kearifan lokal, teks fiksi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...