Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2022): Juli

Analisis Penerapan Pembelajaran Tematik Muatan Matematika Materi Membandingkan Berat Benda pada Siswa Kelas II di SDN Turi 2

Yunita Dwi Tamara (PGSD, FIP, Universitas Negeri Malang)
Nurul Hidayah (PGSD, FIP, Universitas Negeri Malang)
Maulida Dedek Budi'ani (PGSD, FIP, Universitas Negeri Malang)
Yuniawatika Yuniawatika (PGSD, FIP, Universitas Negeri Malang)
Siti Mas'ula (PGSD, FIP, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Abstrak. Peserta didik harus menguasai materi matematika sebagai bentuk penataan nalar dan pengambilan keputusan dalam era persaingan yang semakin kompetitif pada saat ini. Oleh karena itu perlu adanya penerapan pembelajaran matematika yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran tematik muatan matematika materi membandingkan berat benda pada siswa kelas II sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi secara langsung kegiatan pembelajaran matematika serta dokumentasi, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 12 siswa kelas II dan seorang guru kelas II di SD Negeri Turi 2. Data yang telah diperoleh dari wawancara dan observasi kemudian dianalisis sehingga diperoleh hasil dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan adalah saintifik yang terdapat diskusi, guru menggunakan perangkat pembelajaran berupa alat peraga sederhana yang sesuai dengan materi, dan kendala yang terjadi adalah keterbatasan media pembelajaran yang disediakan sekolah serta kemampuan beberapa siswa yang masih tertinggal jauh dibandingkan siswa yang lain.Kata Kunci. pembelajaran matematika, kelas II sekolah dasar, materi berat benda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...