Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2022): Januari

Analisis Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Materi Rotasi, Revolusi, dan Gerhana di Kelas 6 Sekolah Dasar

Dela Oktisusila Biantara (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Farah Nabilah Asy'ari (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Novita Nur Aini (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Putri Junaina Miratul Habibah (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
Lilik Bintartik (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)
M. Anas Thohir (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan dan efisiensi penggunaan metode pembelajaran dalam materi rotasi, revolusi, dan gerhana pada kelas 6 SDN Gembongan 7. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan observasi tidak langsung, wawancara, dan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 6 SDN Gembongan 7 dengan jumlah 25 siswa serta guru kelas 6. Hasilnya ditemukan adanya beberapa permasalahan dalam penerapan metode simulasi, seperti keterbatasan waktu dan kesulitan siswa dalam melakukan praktek.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...