Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2023)

Analisis Pedagogical Content Knowledge Buku Guru IPAS Muatan IPS SD Kurikulum Merdeka

Indah Aulia Ayuning Pertiwi (UPI Kampus Cibiru)
Revaldhi Athallah S (UPI Kampus Cibiru)
Tin Rustini (UPI Kampus Cibiru)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Abstrak. Pedagogical Content Knowledge merupakan suatu konstruksi akademik yang menggambarkan suatu ide yang dapat membangkitkan minat untuk mempelajari sesuatu (Loughran, 2006). PCK adalah pengetahuan yang dikembangkan oleh guru dari waktu ke waktu dan melalui pengalaman tentang bagaimana mengajarkan konten tertentu dengan cara tertentu untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge terhadap buku guru IPAS kelas IV pada muatan IPS sekolah dasar Kurikulum Merdeka. Persentase Pedagogical Content Knowledge secara keseluruhan yang muncul dalam buku guru IPAS kelas IV adalah sebesar 75% dan tergolong ke dalam kategori tercapai. Berdasarkan temuan ini dapat diketahui bahwa komponen Pedagogical Content Knowledge yang muncul pada buku guru IPAS kelas IV pada muatan IPS sudah cukup baik, meskipun belum maksimal. Meskipun demikian buku guru IPAS kelas IV tetap tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber rujukan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di SD. Guru tetap memerlukan sumber lainnya dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran terutama dalam aspek perbedaan perlakuan terhadap siswa.Kata Kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), IPAS, Kurikulum Merdeka 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...