Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2022): Juli

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 Sekolah Dasar Islam Plus Muhajirin Kota Semarang

Ade Salim Prasetyo (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Abstrak. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan  faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) Islam Plus Muhajirin kota Semarang. Untuk mencapai fokus penelitian, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 1 guru kelas 4 SD dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 4 SD berjumlah 25 siswa mengalami kesulitan belajar yaitu kesulitan belajar memecahkan masalah. Kemudian faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran yaitu guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa merasa bosan dan siswa tidak membawa alas tulis lengkap.Kata kunci: Kesulitan Belajar Siswa, Faktor Penyebab, Matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...