Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi fintech terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada generasi Z, serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan personal innovativeness terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan verifikatif. Dimana data dikumpulkan dari sampel sebanyak 100 responden melalui kuesioner yang disebarkan via Google Form. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SEM Analysis dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi fintech berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik. Perceived ease of use dan perceived usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik, sedangkan personal innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menggunakan uang elektronik. Personal innovativeness diketahui pula merupakan faktor yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan menggunakan uang elektronik pada Generasi Z. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan ilmu manajemen terutama untuk melihat pengaruh literasi fintech terhadap keputusan penggunaan uang elektronik yang bisa digunakan oleh sektor jasa keuangan sebagai dasar pengambilan keputusan.
Copyrights © 2023