Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2019): Edisi Juli

STUDI AWAL MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD) PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA

Yulia Eka Yanti (Universitas Islam Raden Rahmat Malang (UNIRA))



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dalam pembelajaran dan pengajaran Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa yaitu model ARCS. Empat aspek yang menjadi bagian penyusun motivasi tersebut adalah aspek attention, relevance, confidence, dan satisfaction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui tingkat motivasi belajar mahasiswa S1 PGSD Universitas Islam Raden Rahmat pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei, dalam hal ini menggunakan angket motivasi mahasiswa. Subjek penelitian adalah terdiri dari empat kelas dengan total 76 mahasiswa pada Prodi PGSD dan PGMI Universitas Islam Raden Rahmat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa PGSD pada aspek attention dan relevance berada pada kategori cukup sedangkan untuk aspek confidence dan satisfaction berada pada kategori tinggi. Namun demikian, motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA masih perlu ditingkatkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...