Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2022): Juli

Implementasi Literasi Digital Era Abad 21 Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik MIS Soko Kota Pekalongan

Muhammad Maskur Musa (UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Abstrak. Indonesia pada Program for International Student Assessment (PISA) menempati urutan ke-57 dari 65 negara yang diteliti dalam hal kemampuan membaca. Tingkat membaca khususnya siswa bisa dikatakan sangat rendah. Rendahnya kemampuan membaca pada siswa maka pengetahuan yang dimiliki juga akan mengalami ketertinggalan. Rendahnya tingkat membaca di kalangan siswa ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintahan yang bersangkutan yaitu kementerian pendidikan dan kebudayaan. Di zaman sekarang perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat membuat segala kehidupan manusia membutuhkan sebuah teknologi yang berbasis digital. Perkembangan teknologi ini juga membuat kemudahan dalam mendapatkan segala informasi. Sehingga hal ini dimanfaatkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan di bidang pendidikan yaitu salah satunya gerakan literasi yang memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan mengenai implementasu literasi digital era abad 21 dalam membentuk karakter peserta didik MIS Soko Kota Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa literasi digital ini sudah diterapkan di MIS Soko Kota Pekalongan terutama dalam membentuk katrakter peserta didik. Apalagi 2 tahun kemarin seluruh dunia merebak penyakit yang bernama covid 19 semua aktivitas manusia menjadi berubah, salah satunya di pendidikan yang tadinya proses pembelajaran di MIS Soko Kota Pekalongan tatap muka menjadi pembelajaran daring. Hal ini menjadi sebab literasi digital diterapkan di MIS Soko Kota Pekalongan dalam membentuk karakter. Karakter yang dibentuk seperti kejujuran, kedisiplinan, kreatif dan berpikir kritis.Kata kunci: Literasi Digital, Karakter, Peserta Didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...