Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2020): Edisi Januari

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Globalisasi Menggunakan Pendekatan Inkuiri

Sri Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran globalisasi menggunakan pendekatan inkuiri. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada  siswa kelas IV SDN Pegajahan 1 sebanayak 39 siswa. Teknik penarikan data menggunakan teknik tes dan teknis non tes. Hasil Penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran globalisasi menggunakan pendekatan inkuiri meningkat pada setiap siklusnya, dapat dilihat pada pra siklus nilai rata – rata siswa sebesar 58,97 dengan persentase ketuntasan klasikal 41,03%, sedangkan pada siklus I nilai rata – rata naik menjadi 60,13 dengan persentase ketuntasan 43,09% dan pada siklus II nilai rata – rata naik menjadi 85,51 dengan persentase 94,87%.Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuri, PKn

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...