Ulil Albab
Vol. 2 No. 6: Mei 2023

Analisis Karakter Personal Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Bulogading I Desa Bontobiraeng Kecamatan Bontonompo

Fauziah fauziah (Unknown)
Ferdinan Ferdinan (Unknown)
Abdul Fattah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakter personal guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Inpres Bulogading I Desa Bontobiraeng Kecamatan Bontonompo, untuk Mengetahui minat belajar siswa kelas V SD Inpres Bulogading I Desa Bontobiraeng Kecamatan Bontonompo dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Inpres Bulogading I Desa Bontobiraeng Kecamatan Bontonompo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif karena mengutamakan data tentang analisis karakter personal guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter personal guru pendidikan agama Islam di SD Inpres bulogading I yaitu berbagai macam karakter, antara lain disiplin, jujur, sabar, adil, teladan, istiqomah dan beribawa. Dari semua karakter tersebut harus dimiliki oleh setiap guru agar dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD Inpres Bulogading I. Adapun minat belajar siswa kelas V SD Inpres Bulogading I ditandai dengan siswa mengikuti proses belajar mengajar dengan perasaan senang dan bahagia, bersemangat dalam belajar, siswa hadir tepat waktu dan siswa berpartisipasi aktif di kelas dengan guru melakukan 7 karakter personal guru yaitu disiplin, jujur, adil, sabar, teladan, istiqomah dan berwibawa. Hal ini disebabkan dengan adanya beberapa upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru yang humoris, guru mengikuti pelatihan, serta mengukur minat belajar siswa dengan memberikan evaluasi. Adapun Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu guru yang selalu sabar, adil dan berwibawa yang dapat menjadikan siswa selalu bersemangat dalam belajar di kelas. Adapun faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu faktor siswa yang susah diatur dalam kelas dan fasilitas yang kurang memadai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, ...