Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2022): Februari

PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM HYBRID SAAT PANDEMI COVID-19 BAGI GURU DAN TENAGA PENDIDIK DI DESA IBUL BESAR PEMULUTAN

Sisca Octarina (Universitas Sriwijaya)
Putra Bahtera Jaya Bangun (Universitas Sriwijaya)
Fitri Maya Puspita (Universitas Sriwijaya)
Indrawati Indrawati (Universitas Sriwijaya)
Evi Yuliza (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Situasi pandemi Covid-19 menyebabkan proses pengajaran dan pembelajaran di tingkat sekolah dasar tidak semuanya dapat dilakukan secara daring. Daya tangkap siswa yang satu dengan siswa yang lain tidaklah selalu sama. Terlebih lagi jika proses penyampaian materi atau pembelajaran terlihat membosankan dan monoton. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbentuk kuis atau ujian online dengan gambar dan musik yang banyak dikembangkan pada saat sekarang ini. Kegiatan pendampingan ini mengenalkan aplikasi Quizizz kepada guru dan tenaga pendidik di Desa Ibul Besar Pemulutan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dari peserta akan penggunaan aplikasi Quizizz. Aplikasi ini dinilai cukup baik untuk diterapkan pada siswa Sekolah Dasar. Kegiatan pendampingan pemanfaatan aplikasi Quizizz sangat diperlukan sebagai inovasi media pembelajaran sistem hybrid, sehingga diharapkan dapat membantu dan mempermudah pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...