cover
Contact Name
Gunawan
Contact Email
gunawan@unram.ac.id
Phone
+6281246673311
Journal Mail Official
jppm.fkip@unram.ac.id
Editorial Address
Kampus FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit No. 62 Kota Mataram
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Published by Universitas Mataram
ISSN : 26147947     EISSN : 26147939     DOI : https://doi.org/10.29303/jppm
Core Subject : Education,
PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, pertanian, perikanan, dan lain-lain baik yang berbentuk penyuluhan, pendampingan, bimbingan teknis, dan jenis kegiatan lain yang relevan. Jurnal ini merupakan Open Access Journal dengan e-ISSN 2614-7939 dan p-ISSN 2614-7947, terbit perdana mulai Februari 2018. Dalam 1 (satu) tahun terbit 2 kali yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Mulai 2019 artikel terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 387 Documents
PENYULUHAN PEMBUATAN MEDIA TIGA DIMENSI DAN PENERAPANNYA MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR 5E PADA GURU-GURU DI MGMP FISIKA SE-LOMBOK BARAT Hikmawati Hikmawati; Joni Rokhmat; Sutrio Sutrio
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.343 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.479

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatan motivasi dan pemahaman guru yang tergabung dalam MGMP Fisika se-Lombok Barat tentang pembuatan media tiga dimensi dan penerapannya melalui model siklus belajar 5E. Berdasarkan wawancara dengan Ketua MGMP Fisika se-Lombok barat, para guru yang berasal dari 14 sekolah negeri melakukan pertemuan rutin bulanan untuk membahas pembelajaran fisika di SMA. Berdasarkan wawancara tersebut juga diperoleh informasi bahwa para guru memiliki motivasi yang masih rendah dalam membuat media pembelajaran, termasuk media tiga dimensi. Berdasarkan identifikasi silabus mata pelajaran fisika (Peminatan Matematika dan Ilmu Alam) pada Kurikulum 2013, karakteristik materi pembelajaran fisika sebagian besar bersifat abstrak sehingga diperlukan media untuk memfasilitasi siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Metode pelaksanaan kegiatan PPM ini adalah: Memberikan ceramah materi media tiga dimensi dan model siklus belajar 5E, demonstrasi pembuatan media tiga dimensi, simulasi penerapan dalam pembelajaran melalui model siklus belajar 5E, diskusi guru dan dosen, evaluasi kegiatan. Kegiatan penyuluhan telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 22 Oktober 2015 di SMAN 1 Batulayar dengan jumlah peserta sebanyak 21 guru fisika yang tergabung dalam MGMP Fisika se-Lombok Barat. Respon peserta terhadap kegiatan penyuluhan yaitu sebagai berikut: 1) Materi yang disampaikan menarik, terdapat berbagai hal ilmu pengetahuan yang dapat diambil berhubungan dengan media pembelajaran; 2) Kegiatan penyuluhan seperti ini sebaiknya dijadikan kegiatan rutin dengan materi yang berbeda dan durasi waktu yang lebih lama; 3) Peserta sangat senang dan tertarik dengan kegiatan penyuluhan ini; 4) Kegiatan ini memberikan manfaat dan inspirasi peserta untuk mengembangkan kompetensi dalam menghasilkan karya inovatif; 5) Peserta berharap adanya kerjasama MGMP dengan Tim Pengabdian Unram sehingga peserta mendapatkan bimbingan/workshop dalam membuat media secara langsung sampai menghasilkan produk; 6) Menambah pengetahuan tentang pendekatan saintifik dan model siklus 5E; 7) Peserta berharap untuk dapat dilibatkan dalam penelitian.
APLIKASI KONSEP KONSERVASI MANGROVE UNTUK PENGEMBANGAN EKOWISATA DI PANTAI SELATAN LOMBOK TIMUR Agil Al Idrus; Kesipudin Kesipudin; I Gde Mertha
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.412 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.480

Abstract

Mangrove dikenal oleh masyarakat lokal sebagai tumbuhan bakau yang memiliki nilai strategis dari aspek ekonomi, sosial dan ekologi. Konsep konservasi mangrove yang menitikberatkan hanya pada nilai ekologi cendrung kurang direspon oleh masyarakat lokal. Oleh karena itu dibutuhkan formulasi yang dapat meningkatkan partisipasi masyarakat lokal untuk aksi konservasi mangrove. Formulasi yang memiliki nilai strategis dalam rangka aksi konservasi mangrove adalah pengelolaan kawasan pantai yang memiliki ekosistem mangrove dengan mengoptimalkan kapasitas kelembagaan lokal.  Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan peranan dan mangrove bagi masyarakat. Tujuan jangka panjang adalah memberikan contoh untuk: (1) konservasi mangrove yang dapat menjadi model dalam kebijakan terpadu pengelolaan potensi mongrove untuk mencapai tujuan ekologi, ekonomi dan sosial masyarakat lokal dan (2) laboratorium alam yang representatif sebagai sumber belajar biologi. Target khusus penelitian ini adalah: (1) Meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat lokal, (2) dapat mengembangkan dan mempromosikan konsep ekowiasata mangrove sebagai sumber ekonomi masyarakat lokal yang berkelanjutan, (3) kapasitas  kelembagaan masyarakat lokal menjadi inisiator dalam rehabilitasi habitat mangrove (4) ada regulasi ditingkat masyarakat lokal dalam perlindungan areal mangrove dari aktivitas masyarakat dan (5) Laboratorium alam untuk pembelajaran dan penelitian  biologi.  Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah survey, observasi, wawancara, penyampaian materi, dan diskusi. Dilaksanakan secara bersamaan dengan kelompok konservasi mangrove untuk pengembangan ekowiasta dan laboratorium alam. Analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif dan  konten sesuai dengan  tujuan. Berdasarkan kegiatan, survey, diskusi, dan tanya jawab dengan masyarakat, dapat disimpulkan bahwa:  Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ekosistem mangrove perlu ada program tindak lanjut, dengan membangun kemitraan dengan masyarakat, pemerintah dan perguruan tinggi yang saling menguntungkan. Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang ekosistem mangrove, perlu digali potensinya, mencarikan solusinya, dikembangkan menjadi konsep ekowisata mangrove yang halal.
PENYULUHAN TENTANG LESSON STUDY (LS) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU-GURU DI MAN 2 MATARAM Hairunnisyah Sahidu; Gunawan Gunawan; Kosim Kosim; Satutik Rahayu
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.929 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.481

Abstract

Kompetensi guru harus tetap ditingkatkan melalui berbagai bentuk pelatihan, penyuluhan, maupun pembinaan teknis lainnya. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru adalah kegiatan lesson study. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di MAN 2 Mataram melalui penyuluhan tentang lesson study. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu, koordinasi awal dengan guru dan pihak sekolah, kegiatan penyuluhan dan pendampingan, kegiatan evaluasi dan pelaporan. Kegiatan berjalan dengan lancar sesuai rencana. Guru yang menjadi peserta antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Peserta mengharapkan ada kegiatan lanjutan berupa pelatihan sejenis untuk keterampilan lainnya.
DESIMINASI PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK PENGUATAN KONSEP IPA GURU-GURU SMP SE-NTB Susilawati Susilawati; Aris Doyan; Sutrio Sutrio; Kosim Kosim; Muhammad Taufik
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.96 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.482

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, meningkatkan pemahaman guru sains tentang desain alat peraga IPA seperti menentukan koefisien gesekan kinetis berbagai benda pada bidang miring, pengaruh suhu terhadap arus listrik, alat ukur intensitas cahaya, Alat Ukur Absorbsi Gelombang Bunyi,  dan Percobaan Radiasi Benda Hitam. Secara umum kegiatan pelatihan ini berhasil dan tepat sasaran, karena guru-guru IPA SMP/MTs  yang menjadi peserta merasa mendapatkan bekal cara-cara pengembangan  alat praktikum IPA dan termotivasi untuk mencoba merancang percobaan sederhana berdasarkan contoh yang ditampilkan saat pelatihan berlangsung, bahkan di akhir acara mereka menginginkan kegiatan ini berkelanjutan untuk penguatan konsep IPA bagi guru guru SMP Se-NTB.
IMPLEMENTASI STANDAR PROSES PADA PEMBUATAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAGI PARA GURU DI GUGUS III CAKRANEGARA Harry Soeprianto; I Ketut Sarjana; Hapipi Hapipi
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.765 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.483

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan di Sekolah. Melalui perencanaan pembelajarn yang baik, guru akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan siswa akan lebih mudah terbantu dan mudah dalam belajar. Perencanaan pembelajaran dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, sekolah, matapelajaran. Standar proses dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran tidak pernah mendapat perhatian oleh karena itu perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan standar proses.
PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU IPA MELALUI PENDAMPINGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY DI SMAN 2 LEMBAR Agus Ramdani; A. Wahab Jufri; Gito Hadiprayitno; Afriana Azizah
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.313 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.484

Abstract

Praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru selama ini dipandang masih kurang efektif, yaitu cenderung dilakukan secara konvensional melalui teknik komunikasi verbal.  Praktik pembelajaran semacam ini lebih menekankan pada guru sebagai satu-satunya sumber informasi (teacher centered) daripada aktivitas belajar siswa (student centered). Oleh karena itu perlu ada upaya secara sistemik dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk, 1) meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran IPA (penyusunan perangkat pembelajaran) dengan menerapkan pola lesson study di SMA Negeri 2 Lembar, 2) meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPA dengan menerapkan pola lesson study di SMA Negeri 2 Lembar, dan 3) meningkatkan kualitas cara mengevaluasi pembelajaran dengan menerapkan pola lesson study di SMA Negeri 2 Lembar. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu 1) sosialisasi dan focus group discussion tentang materi lesson study, 2) pendampingan pembuatan perangkat pembelajaran, dan 3) pendampingan pada saat melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah, 1) diskusi informasi terkait dengan konsep, prosedur, dan best practice tentang lesson study, 2) praktik langsung penyusunan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Materi Ajar, Media Pembelajaran, dan Instrumen Penilaian, 3) praktik pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, dan praktik evaluasi pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu, 1) meningkatnya kualitas perencanaan pembelajaran yang dikembangkan oleh peserta, 2) adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas, 3) meningkatnya keterampilan guru-guru dalam mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.
PENYADARAN MASYARAKAT MENGENAI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN ZAT ADIKTIF PADA MAKANAN TERHADAP KESEHATAN Muhammad Yamin; Jamaluddin Jamaluddin; Khairuddin Khairuddin; Nasruddin Nasruddin
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.027 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.485

Abstract

Penyuluhan mengenai“Penyadaran masyarakat mengenai dampak negatif penggunaan zat adiktif pada makanan terhadap kesehatan manusia” telah dilakukan pada Siswa SMP Negeri 3 Sumbawa Besar.Tujuannya memberikan informasi dan kesadaran mengernai dampak negatif zat adiktif pada makanan agar masyarakat terutama remaja terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. Selain itu, agar tercipta generasi muda yang sehat dan kuat untuk melaksanakan pembangunan bangsa ke depan. Tujuan tersebut dicapai dengan melakukan ceramah, demonstrasi dan  diskusi. Hasilnya kegiatan ini diikuti oleh  40 orang siwa, pegawai dan guru di SMP Negri 3 Sumbawa Besar. Seluruh peserta serius  dan tertarik mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Kegiatan tanya jawab dan diskusi berlangsung sangat aktif.
PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU-GURU MIN KARANGBARU MATARAM Satutik Rahayu; Ahmad Harjono; Muh. Makhrus; Sutrio sutrio; Ni Nyoman Sri Putu Verawati
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.198 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.486

Abstract

Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru MIN Karang Baru Mataram. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 9 September 2017 bertempat di MIN 2 Karangbaru Mataram. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan pengetahuan serta keterampilan tentang penulisan karya ilmiah terutama penyusunan proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan pelatihan. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini karena sebagian besar guru berencana menyusun penelitian tindakan kelas. Pada saat kegiatan berlansung banyak peserta yang mengajukan pertanyaan seputar teknik penulisan karya ilmiah, teknik penyusunan proposal serta bagaimana cara menyusun judul yang baik untuk penelitian tindakan kelas. Setelah mengikuti kegiatan ini para peserta mendapatkan pengetahuan dan keterampilan bagaimana menyusun contoh karya ilmiah serta teknik penyusunan karya ilmiah.
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH (LSBS) DI SMPN 13 MATARAM Sripatmi Sripatmi; Nani Kurniati; Syahrul Azmi; Yunita Septriana
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.748 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.487

Abstract

Lesson Study (LS) merupakan suatu usaha pembinaan profesi pendidik yang menekankan pentingnya pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Kegiatan pengabdian dalam bentuk sosialisasi dan implementasi Lesson Study (LS) di SMPN 13 Mataram perlu dilakukan karena berdasarkan survei awal, guru-guru di SMPN 13 Mataram masih kesulitan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pembelajaran yang sesuai tuntutan kurikulum 2013. Tujuan kegiatan ini adalah: i) meningkatkan pemahaman dan dan keterampilan guru-guru SMPN 13 Mataram dalam merancang, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013, ii) meningkatkan kolegalitas antar guru-guru SMPN 13 Mataram dalam membelajarkan peserta didik dengan bertukar pengalaman melalui kegiatan implementasi Lesson Study berbasis sekolah. Metode yang digunakan berupa ceramah, tanya jawab, diskusi dan pendampingan. Manfaat yang dirasakan oleh guru-guru SMPN 13 Mataram adalah menambah wawasan tentang Lesson Study serta dapat mempraktekkan kegiatan Lesson Study.
PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA FISIKA BATERAI ALUMINIUM-ION RECHARGEABLE UNTUK GURU-GURU DI PONPES NURUL HAKIM PUTRI KABUPATEN LOMBOK BARAT Aris Doyan; Susilawati Susilawati; Muhammad Taufik; Wahyudi Wahyudi; Kesipudin Kesipudin
Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2018): Februari
Publisher : FKIP Universitas Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.023 KB) | DOI: 10.29303/jppm.v1i1.488

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru-guru fisika tentang pembuatan alat peraga fisika baterai aluminium-ion rechargeable berbahan dasar arang aktif batok kelapa. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut di atas diadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat pada guru dan di demonstrasikan ke siswa ponpes Nurul Hakim Putri Kabupaten Lombok Barat dengan langkah-langkah sebagai berikut: Memberikan demonstrasi tentang cara mendesain alat peraga, memberikan contoh penggunaan alat peraga yang sudah di desain untuk menjelaskan konsep-konsep seperti perubahan energi kimia menjadi energi listrik dan cahaya. Demonstrasi penggunaan alat peraga dalam pembelajaran fisika melibatkan guru IPA dan siswa dan di laksanakan di kelas XI IPA. Guru-guru mata pelajaran IPA dimaksud untuk dapat menginformasikan ke guru-guru IPA ke sekolah lainnya karena sering mengadakan pertemuan dalam MGMP sekolah menengah di Lombok Barat. Pada pertemuan dimaksud, guru-guru membahas masalah-masalah yang terkait dengan pembelajaran di kelas, termasuk tentang desain alat peraga. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa demonstrasi tentang cara mendesain alat peraga, simulasi penggunaan alat peraga dalam pembelajaran, dan tanya jawab terkait materi sosialisasi desain alat. Evaluasi dilaksanakan diakhir kegiatan dengan cara meminta kepada para peserta kegiatan sosialisasi untuk mengungkapkan aspek positif yang dirasakan setelah mengikuti kegiatan dan meminta peserta untuk memberi saran-saran untuk perbaikan kegiatan yang akan datang. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat dari respon positif yang dikemukakan oleh guru dan siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta kegiatan diperoleh data bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena telah memberikan pengetahuan tentang: Desain Alat Peraga fisika baterai aluminium-ion rechargeable berbahan dasar arang aktif batok kelapa. Peserta sangat berharap kegiatan sosialisasi dapat dilaksanakan di MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran).

Page 1 of 39 | Total Record : 387