JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 5, No 1 (2016): HANDAYANI JOURNAL

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PKN MATERI KEMERDEKAAN DAN KONSTITUSI DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VII-6 SMP NEGERI 7 MEDAN

Ridwan . (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 40 orang. Hasil penelitian yakni : 1) Hasil belajar siswa pada Formatif I dan II 23 orang siswa tuntas, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas sebanyak 36 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 71 dan 82 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 57,5% pada siklus I dan 90% pada siklus II; 2) Data aktivitas siswa pada Siklus I antara lain: menulis/membaca (42,5%), mengerjakan LKS (27%), bertanya sesama teman (7,5%),   bertanya kepada guru (10,5%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (12,5%). Dan Data aktivitas siswa pada Siklus II antara lain: menulis/membaca (29%), mengerjakan LKS (48%), bertanya sesama teman (11%), bertanya kepada guru (6%), dan yang tidak relevan dengan KBM  (6%). Kata Kunci : Pembelajaran PKn, Think Pair Share

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...