JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 7, No 1 (2017): HANDAYANI JOURNAL

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PROSA DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PARAFPRASE SISWA KELAS VI SDN 016 BANGKINANG KOTA

Iis Aprinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2017

Abstract

Abstract: Improving Skill Writing Prosa With Applying Engine Parafprase Engineering Grade Vi Sdn 016 Bangkinang Kota. The purpose of this research is to improve the skill of writing prose by applying parafprase technique of class V students. This research method uses Classroom Action Research using Paraphrase Technique in class V SDN 016 Bangkinang City with 25 students. After applying paraphrase technique in cycle I UH I, obtained the average ability of writing free poetry student is 67,03 with mastery 52,5%. The percentage increase that occurred between the average value of initial data and Cycle I UH I that is 31.87%. Cycle II UH II increased to 79.58 with 87.5% completeness, so the percentage increase between preliminary data and cycle II UH II to 56.56%. The conclusion of this research is by using paraphrase technique to improve the ability of writing prose of grade 6 students of SDN 016 Bangkinang City. Keyword : Paraphrase Technique, Prose Writing, Skill Abstrak: Peningkatan  Keterampilan Menulis Prosa Dengan Menerapkan Teknik Parafprase Siswa Kelas VI SDN 016 Bangkinang Kota. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Keterampilan menulis prosa dengan menerapkan teknik parafprase siswa kelas VI. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Teknik Parafrase di kelas V SDN 016 Bangkinang Kota dengan jumlah siswa 25 orang. Setelah diterapkan teknik parafrase pada siklus I UH I, diperoleh rata-rata kemampuan menulis prosa siswa adalah 67,03 dengan ketuntasan 52,5%. Persentase peningkatan yang terjadi antara nilai rata-rata data awal dan Siklus I UH I yaitu 31,87%. Siklus II UH II meningkat menjadi 79,58 dengan ketuntasan 87,5%, sehingga persentase peningkatan antara data awal dan siklus II UH II menjadi 56,56%. Pembahasan Penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik parafrase dapat meningkatkan keterampilan menulis prosa siswa kelas VI SDN 016 Bangkinang Kota. Kata Kunci : Teknik Parafrase, Keterampilan, Menulis Prosa

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...