JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 3, No 1 (2015): HANDAYANI JOURNAL

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SPEED READING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 014610 SEI RENGGAS

Eva Betty Simanjuntak (Unknown)
Dewi Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode Speed Reading. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 014610 Sei Renggas dengan  jumlah siswa 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan dengan menghitung persentase hasil observasi. Dari data observasi awal terdapat 5 orang (16%) dinyatakan tuntas. Setelah diberi tindakan pada siklus I pertemuan I dan II diperoleh data kemampuan siswa dengan nilai rata-rata kelas 63,75 dan 68,9 dengan ketuntasan klasikal tuntas 17 orang (53%),  dan 20 orang (62%). Pada siklus II  nilai rata-rata 76,88 dan 86,25 dengan ketuntasan klasikal 28 orang (67%) tuntas.   Kata Kunci : Kemampuan membaca, Speed Reading, Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...