Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2023): Maret 2023

Analisis Perkembangan Kognitif Siswa SMA Pada Pembelajaran Matematika

Tria Suhada Azzahra (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Hepsi Nindiasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Zahra Fadhilah Aryoko (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Zahid Nur Afita Amaliyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Riza Novidona Afifah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Difa Tri Faizah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kesesuaian tahap perkembangan kognitif menurut Jean Piaget terhadap siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 2 Kota Serang, apakah siswa telah mencapai pada tahap penalaran formal, sesuai dengan yang dijelaskan dalam teori Piaget. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA sebanyak 19 orang dengan usia antara 15 sampai 17 tahun. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan secara langsung kepada siswa dalam pembelajaran matematika. Kuesioner terdiri dari 15 pernyataan dengan diberi waktu selama 10 menit. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa dapat dikatakan baik. Namun, adanya keragu-raguan yang dialami siswa perlu menjadi tugas bagi seorang guru agar kemampuan kognitif siswa dapat lebih baik lagi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

wilangan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan ...