cover
Contact Name
Isna Rafianti
Contact Email
isnarafianti@untirta.ac.id
Phone
+6281931335597
Journal Mail Official
wilangan@untirta.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciwaru Raya No.25, Cipare, Kec. Serang, Serang, Banten 42117
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Wilangan : Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika
ISSN : 27981541     EISSN : 27981541     DOI : http://dx.doi.org/10.56704/jirpm.v3i3
Core Subject : Education,
Jurnal wilangan adalah jurnal pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sultan ageng tirtayasa yang menerbitkan jurnal dalam bidang pendidikan matematika dan pembelajarannya
Articles 129 Documents
PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP Siti Umaroh; Yuyu Yuhana; Aan Hendrayana
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v1i1.7971

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cikande pada tahun ajaran 2019/2020, yang bertujuan untuk melihat pengaruh self-efficacy dan kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan lima kelas yang terdiri dari 158 siswa sebagai sampel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Cikande sebanyak 291 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan penalaran matematis, instrumen non tes berupa skala self-efficacy dan skala kecemasan matematika. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 8,11%, serta tidak terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Sedangkan hasil penelitian menggunakan uji regresi linear berganda memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan kecemasan matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 9,74%.
Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS Tita Puspitasari; Syamsuri Syamsuri; Cecep Anwar Hadi Firdos Santosa
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 4 (2021): Desember 2021
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v2i4.12563

Abstract

Pembelajaran matematika adalah suatu proses konstruksi pengetahuan yang mengaitkan antara konsep matematika satu dengan konsep matematika lainnya. Cara terbaik bagi siswa untuk mulai mempelajari konsep adalah dengan cara mengkonstruksi konsepnya sendiri dan hal-hal yang dipelajarinya. Konstruksi konsep matematika dapat dikaji melalui pemahaman konsep matematis dalam membangun pola pikir siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konstruksi konsep trigonometri bagi siswa SMA berdasarkan Teori APOS. Pendekatan dalam penelitian ini adalah APOS Research Cycle dengan subjek penelitian siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cikande. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes tertulis dan wawancara semi terstrukur. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami mekanisme mental yang berbeda – beda dalam mengkonstruksi konsep trigonometri. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tahapan interiorization (action menuju process), merupakan tahapan penting dalam mengkonstruksi konsep trigonometri karena mempengaruhi kesempurnaan konstruksi pada tahap selanjutnya, baik pada process, object, maupun schema.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENURUT TEORI POLYA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA Julia Novitasari; Heni Pujiastuti; Ria Sudiana
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 3, No 3 (2022): September 2022
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v3i3.13402

Abstract

Pembelajaran matematika bukan sekedar mempelajari pengetahuan tentang berhitung, melainkan juga diharapkan agar siswa dapat melatih cara berpikir logis, kritis dan juga sistematis. Oleh karena itu, kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah. Pelajaran matematika berbasis masalah seringkali disajikan pada bentuk soal cerita yang mencakup permasalahan-permasalahan kontekstual yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari siswa yang dapat diselesaikan dengan menggunakan metode matematika. Di Indonesia, masih banyak siswa yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk memudahkan analisis kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan siswa, maka peneliti menggunakan klasifikasi kesalahan menurut teori Polya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita menurut teori Polya. Metode penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan explanatory sequential design diawali dengan pengumpulan data kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data kualitatif untuk membantu menjelaskan dan menguraikan hasil yang diperoleh oleh data kuantitatif yang dilakukan di SMA Daarut Tasbih Kabupaten Tangerang dengan subjek sebanyak 5 siswa. Hasil penelitian ini yaitu terdapat 2 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi, 1 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat sedang, dan 2 siswa kemampuan pemecahan masalah tingkat rendah.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KECEMASAN MATEMATIKA (ANXIETY) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Iman Rismanto; Aan Hendrayana; Yani Setiani
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v1i1.8338

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menyelidiki apakah terdapat penurunan kecemasan matematika pada siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning. kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non-equivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII SMP Negeri 1 Cibaliung tahun ajaran  2019/2020. Pengambilan  sampel menggunakan kuasi eksperimen dengan mengambil dua kelas secara acak.  Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat model pembelajaran problem based  learning dan tau kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran dengan model konvesional. Instrumen yang di gunakan yaitu intrumen non tes. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: terdapat penurunan kecemasan matematika pada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model problem based learning.
Kontruksi Konsep Barisan Aritmatika dan Geometri Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori APOS Nursati Israhayu; Syamsuri Syamsuri; Aan Subhan Pamungkas
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2021): Juni 2021
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v2i2.11649

Abstract

Konsep-konsep dalam matematika saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, maka siswa perlu memahami konsep dasar matematika secara mendalam. Pemahaman konsep matematika lebih bermakna jika dikontruksi oleh siswa sendiri. Kontruksi konsep matematika merupakan suatu kegiatan aktif yang dilakukan untuk memperoleh atau membangun suatu konsep dalam matematika. Penelitian ini menggunakan teori APOS sebagai kerangka berpikir karena teori ini dapat menguraikan bagaimana kegiatan mental seorang anak yang berbentuk aksi, proses, objek dan skema ketika mengkontruksi konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kontruksi konsep barisan aritmatika dan geometri bagi siswa SMA berdasarkan teori APOS.  Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa di SMA Citra Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan dengan pendekatan APOS Research Cycle. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melalui empat tahapan mekanisme mental yaitu: interiorization (tahap action menuju tahap process), encapsulation (tahap process menuju tahap object), coordination (tahap process menuju tahap process) dan de-encapsulation (tahap object menuju tahap process).
IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SISWA MENENGAH PERTAMA PADA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN THREE TIER DIAGNOSTIC TEST Syifaurrohmah Kusuma Edy; Ria Sudiana; Fakhrudin Fakhrudin
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2022): Juni 2022
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v3i2.13482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa Sekolah Menengah Pertama pada materi pecahan dengan menggunakan instrumen three tier diagnostic test. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Kota Serang. Instrumen penelitian ini adalah Three tier diagnostic test, sebuah tes pilihan ganda dengan tiga tingkat yang dapat mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang akan dikategorikan menjadi 4 kategori. Dari data yang didapat, jawaban dari ketiga tingkat dikategorikan berdasarkan kombinasi jawabannya. Presentase hasil dari identifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa mencapai 48% dari keseluruhan siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Agus Setiawan Suda Apelaby; Yuyu Yuhana; Syamsuri Syamsuri
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 1, No 4 (2020): Desember 2020
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v1i4.10095

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif two stay two stray terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII untuk mempelajari materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiement. Pada hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif two stay two stray berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII dalam mempelajari materi aritmatika sosial.
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP MENGGUNAKAN E-MODUL BERBANTU KODULAR PADA SMARTPHONE Ratu Syifa Fauziyah; Nurul Anriani; Isna Rafianti
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2022): Maret 2022
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v3i1.13180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan media pembelajaran berupa E-modul berbantu Kodular Pada Smartphone. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tahapan penelitian ini yaitu Tahap Persiapan, Pelaksanaan Penelitian, dan Tahap Akhir. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument wawancara, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan awal serta kemampuan siswa. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman siswa menggunakan e-modul berbantu kodular pada smartphone. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa yakni sebesar 0.57 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Adapun indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, peningkatan paling tinggi diantara ketujuh indikator berdasarkan hasil n-gain dari tes awal dan tes akhir yaitu indikator 5 yakni menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Sementara indikator yang memiliki peningkatan kategori sedang yang lebih rendah daripada indikator yang lainnya adalah indikator 2 yakni mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa
Kelancaran Memberikan Ide dalam Berpikir Kreatif Melalui Proses Matematisasi Untuk Memecahkan Masalah Matematis Gita Ayu Nengsih; Syamsuri Syamsuri
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2023): Maret 2023
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v4i1.15351

Abstract

Dalam memecahkan masalah sering kali siswa dihadapkan dengan soal yang berkaitan pada masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari. Proses matematisasi merupakan suatu proses memodelkan masalah secara matematis dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif melalui proses matematisasi dalam pemecahan masalah berdasarkan indikator fluency (kelancaran). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri atas 4 siswa kelas XI MIPA yang telah mendapatkan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap diantaranya: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelompok siswa yang lancar dalam penyelesaian masalah dan pada proses matematisasi horizontal dapat merepresentasikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda menggunakan visualisasi dalam bentuk gambar. Terdapat pula kelompok siswa yang lancar dalam penyelesaian masalah namun pada proses matematisasi horizontal tidak dapat merepresentasikan masalah dengan berbagai cara yang berbeda.
Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar Dinda Puji Adhiska; Maman Fathurrohman; Etika Khaerunnisa
Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2020): Maret 2020
Publisher : FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56704/jirpm.v1i1.8130

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi aljabar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dianalisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi aljabar kelas VII. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cilegon. Intrumen yang digunakan adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan kategori tinggi dengan presentase 6,67%, kategori sedang dengan presentase 26,67%, rendah 1dengan presentase 6,66% dan sangat rendah dengan presentase 50%. Kesimpulan penelitian ini kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik masih berada dikategori sangat rendah. Kata kunci: Pemahaman konsep, Aljabar

Page 1 of 13 | Total Record : 129