Seri Kajian Ilmiah
Vol 15, No 1 (2013)

SIGNIFIKANSI PAPAN REKLAME DI PUSAT KOTA SEMARANG

Yulita, Titik Sunarimahingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2014

Abstract

Reklame merupakan salah satu alat komunikasi visual dalam lingkungan perkotaan dengan menggunakan tanda-tanda atau signage. Pemasangan reklame selain pada bangunan juga pada ruang terbuka. Pemasangan reklame pada berbagai lokasi dilakukan oleh berbagai pihak dengan tujuan mempromosikan sesuatu. Sebuah kota dengan ruang-ruang dan segenap tampilan visualnya juga merupakan sebuah wahana olah rasa dan pikiran yang memerlukan kepakaran desain dan kreatifitas, sehingga teori –teori tentang estetika dapat diterapkan untuk menghasilkan kesan visual yang baik. Terutama dalam membagi secara proporsional berbagai kepentingan besar: wajah bangunan, wajah visual periklanan, lingkungan hijau, aktifitas dan berbagai elemen lain yang turut andil bagi terciptanya kota yang nyaman dan bermakna bagi warga penghuninya. Dari hal tersebut di atas, perlu kiranya dikaji signifikansi papan reklame sebagai penelitian awal untuk penyusunan pedoman penataan reklame: a) Apakah disain papan reklame yang ada di kota Semarang sudah mengacu pada sistem komunikasi visual; b) Bagaimana eksisting sistem visual di kota Semarang dengan keberadaan papan reklame; c) Apakah peraturan yang mengatur penataan papan reklame sudah mendukung terciptakan lingkungan yang lebih baik. Pada penelitian ini digunakan pendekatan komunikasi visual art dan persepsional dan dianalisis secara kualitatif. Aspek yang ditelaah mencakup apek: layout, sistem informasi dan efektifitas. Hasil temuan yang diperoleh: Belum ada kesesuaian antara elemen visual dan elemen teks sebagai pembentuk unity; Jumlah teks yang relatif banyak, sehingga pesan tidak dapat dipahami dalam waktu yang singkat; kurang efektif karena selain desain yang kurang tepat, dalam penempatannya tidak memperhitungkan faktor penghalang dan pesaing sehingga berpotensi menimbulkan kekacauan informasi dan visual kota

Copyrights © 2013