Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika
Vol 10 No 1 (2022)

Analisis Pemodelan Matematika Siswa Dalam Pemecahan Masalah Kontekstual Berdasarkan Kemampuan Matematika

La Arua, Afudin (Unknown)
Samron, Samron (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2022

Abstract

Abstract Mathematical modelling is an alternative that can be used by student in term of contextual problem solving. The aim of this studi is to analyze about student’s mathematical modelling to solve the contextual problem based on their math ability. This research is a descriptive research by using kualitative method. There are some steps in doing this research, , they are: 1) preparing research instrument, , that is math ability test, contextual problem solving test, and interview guide, 2) validation the instrument test end interview guide, 3) instrument trials, 4)research implemntation, 5) data analysis, 6) data triangulation, and 7) conclusion. Based on the research result, there are three steps of student’s ability, i.e , high, medium, and low. The ability of these there student’s show that there are differences in solving contextual problems using mathematical modelling. Keywords: Mathematical modelling, contextual problem solving Abstrak Pemodelan matematika merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh siswa dalam pemecahan masalah kontekstual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tentang pemodelan matematika siswa dalam pemecahan masalah kontekstual berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tahapan dalam peneltian ini meliputi: (1) penyiapan instrumen penelitian berupa tes kemampuan matematika, tes pemecahan masalah kontekstual dan pedoman wawancara, (2) validasi instrumen tes dan pedoman wawancara, (3) uji coba instrumen, (4) pelaksanaan penelitian, (5) analisis data, (6) triangulasi data, dan (7) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tiga kemampuan siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan ketiga siswa tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan dalam memecahkan masalah kontekstual menggunakan pemodelan matematika. Kata Kunci: Pemodelan Matematika, Pemecahan Masalah Kontekstual

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

urnal SOULMATH berisi tulisan yang berasal dari hasil penelitian, kajian, atau karya ilmiah di bidang Pendidikan Matematika. Terbit dua kali setahun yaitu Maret dan Oktober. Artikel yang masuk akan direview oleh reviewer yang berkompeten di ...