Kemajuan teknologi yang pesat menuntut masing-masing individu mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sehari-hari secara kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dan problem solving merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki seseorang agar mampu mengikuti kemajuan teknologi. Melalui pembelajaran di kelas kemampuan berpikir kreatif dan problem solving dapat dikembangkan. Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STEAM akan memfasilitasi siswa mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan problem solving. Dibutuhkannya suatu alat ukur untuk mengetahi tingkat kemampuan berpikir kreatif dan problem solving siswa melalui suatu instrumen penilaian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan assesmen kemampuan berpikir kreatif dan problem solving berpendekatan STEAM pada kategori valid daan reliabel. Penelitian ini menggunakan model 4-D terbatas pada tahap develop dikarenakan adanya keterbatasan waktu dan biaya. Produk yang dihasilkan pada kategori sangat layak dengan nilai rata-rata sebesar 94,4 persen. Uji empiris produk menunjukkan bahwa assesmen yang dikembangkan berada pada kategori valid dan reliabel.
Copyrights © 2021