Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)
Vol 2, No 2 (2022)

Sistem Informasi Presensi Siswa Bimbingan Belajar Berbasis Web (Studi Kasus Pada Kumon Ngringo Palur)

Rizma Nur Fitriya (Politeknik Harapan Bangsa Surakarta)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Sistem informasi presensi siswa bimbingan belajar berbasis web ini dibuat untuk menyelesaikan masalah yang ada di instansi bimbingan belajar Kumon Ngringo Palur. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis, presensi yang dilakukan di Kumon Ngringo masih menggunakan cara yang manual oleh pembimbing dibuku presensi, sehingga dapat menimbulkan ketidakakuratan pada data presensi. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah seperti menyulitkan pembimbing saat melakukan presensi apabila terjadinya kerusakan pada buku presensi dan juga dapat menyebabkan tidak efektifnya dalam hal tenaga dan biaya. Dengan dibuatnya sistem presensi berbasis web, hal ini akan memudahkan pembimbing dalam melakukan pengecekan terhadap kehadiran siswa dan kegiatan tersebut juga akan menjadi efektif. Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana merancang dan membuat sistem presensi siswa kelompok bimbingan belajar yang dapat di akses oleh siswa, pembimbing dan pengelola lembaga untuk mendata siswa yang hadir dan tidak hadir”. Berdasarkan dalam pembuatan sistem, penulis menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Bahasa yang digunakan adalah PHP dan basis data MySQL. Keywords: Software Development Life Cycle (SDLC), Sistem Informasi, Siswa, PHP, MySQL.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imaging

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, in-depth study, and ideas or innovative work in Information Technology and Computer Science. The innovative work of the teachers and lecturers of the ...