cover
Contact Name
Chairullah Naury
Contact Email
ch.naury@polhas.ac.id
Phone
+6285642270714
Journal Mail Official
imaging@polhas.ac.id
Editorial Address
Publisher: Politeknik Harapan Bangsa Surakarta Address: Jl. Ir. Sutami No. 46, Jebres, Surakarta, Central Java, Indonesia
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING)
ISSN : 27989216     EISSN : 27989216     DOI : https://doi.org/10.52187/img.v2i1
Core Subject : Science,
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) is a scientific journal that contains and disseminates the results of research, in-depth study, and ideas or innovative work in Information Technology and Computer Science. The innovative work of the teachers and lecturers of the development of these sectors can make a positive contribution to the schools and educational institutions the focus of this journal. 1. Computer Science 2. Microcontroller and Robotics 3. Information System 4. Machine Learning 5. Natural Language Processing (NLP) 6. Expert System 7. Medical or Health Information System
Articles 42 Documents
Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Kursus Lembaga Kursus dan Pelatihan Tekhno Training Edu Center Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL Rizma Yudatama
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.365 KB) | DOI: 10.52187/img.v2i1.13

Abstract

Teknologi dan Informasi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hal ini terlihat dari proses untuk mendapatkan informasi yang dapat diperoleh secara cepat, tepat, dan akurat dengan didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih. Perkembangan ilmu komputer berjalan dengan sangat pesat, pemakainya juga sudah meluas. Hampir di segala bidang pekerjaan sudah menggunakan sistem komputer, salah satunya adalah bidang pendidikan. LKP Tekhno Training Edu Center saat ini menggunakan Google Form sebagai media pendaftaran. Untuk mengembangkan lembaga, LKP Tekhno membuat aplikasi berbasis web sebagai media pendaftaran menggantikan Google Form. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dan pengembangan aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pendaftaran berbasis web menggunakan PHP dan MySQL. Dengan aplikasi ini diharapkan proses pendaftaran menjadi lebih mudah.
Sistem Informasi Penilaian Psikotest Di LPK Hiro Karanganyar Khoirunnisa Fitri Hidayah; Mursid Dwi Hastomo; Kresno Ario Tri Wibowo
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.319 KB) | DOI: 10.52187/img.v1i1.3

Abstract

Sistem informasi bertujuan untuk memudahkan penyajian suatu data informasi. Sistem informasi penilaian sangat diperlukan dalam suatu instansi pendidikan, baik swasta maupun negeri. Hal ini dikarenakan dalam proses penilaian di dalam dunia pendidikan memiliki tujuan  atau peran yang sangat besar. Digunakan untuk mengetahui sejauh mana siswa dalam menangkap ilmu yang telah disampaikan oleh pembimbing atau pengajar. LPK HIRO KARANGANYAR merupakan lembaga kursus yang menyalurkan tenaga kerja magang khusus ke Jepang. Oleh sebab itu, system penilaian juga diperlukan di LPK HIRO KARANGANYAR. Sistem penilaian pada LPK HIRO KARANGANYAR masih menggunakan metode manual yaitu dengan cara pencatatan hasil pada selembar kertas. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam penginputan dan terjadinya kesalahan dalam penginputan cukup besar. Setelah proses penginputan selesai biasanya hasil penilaian pada LPK HIRO KARANGANYAR hanya disimpan didalam stopmap yang bisa mengakibatkan data hasil seleksi siswa hilang. Dengan penjelasan diatas, pengolahan data secara manual kurang dapat diandalkan. Selain itu ketidakefisienan waktu relative tidak sedikit dan juga pemborosan terhadap kertas pendaftaran. Batasan masalah yang penulis bahas adalah aplikasi yang dibuat berdasar keadaan di LPK HIRO KARANGANYAR yang berada dibagian penerimaan siswa baru saja. Data input yang penulis bahas antara lain data peserta dan data nilai psikotes. Output sistem yang penulis bahas adalah info data siswa dan info data nilai psikotes siswa yang diterima atau tidak diterima. Tujuan penulisan dalam pembuatan penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi penilaian hasil psikotes yang memungkinkan untuk membantu menciptakan suatu sistem penilaian yang lebih cepat, tepat dan akurat. Aplikasi tersebut diharapkan dapat diterapkan dalam proses penilaian psikotes di LPK HIRO KARANGANYAR. Penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) sebagai metode dalam pengembangan sistem informasi, metode tersebut meliputi : analisa, desain, pengkodean, pengujian dan pemeliharaan sistem. Bahasa pemrograman yang penulis gunakan adalah VB (Visual Basic) dan Database MySQL sebagai tempat penyimpanan data yang diterapkan.
Sistem Informasi Penilaian Perkembangan Belajar Siswa Berbasis Web Dengan Framework CodeIgniter Di Kumon Ngringo Jaten, Karanganyar Dewi Santika Wulandari
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1337.519 KB) | DOI: 10.52187/img.v2i1.14

Abstract

KUMON Ngringo adalah lembaga kursus belajar bergerak di bidang pendidikan pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, yang bertujuan untuk mengajarkan siswa belajar dengan mandiri dan disiplin. Hubungan siswa dengan pengajar sangatlah dekat, pengajar harus memahami kemampuan siswanya dan mengenal cara belajarnya. Pencatatan nilai dan catatan perkembangan siswa di KUMON Ngringo sendiri masih menggunakan metode manual yaitu dengan menulis ke buku nilai KUMON yang bertumpuk-tumpuk dan mencari buku sesuai nama siswa nya. Pengajar menyampaikan perkembangan siswa harus berkomunikasi dengan masing-masing orang tua siswa dengan melihat catatan di buku nilai KUMON. Sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses berkomunikasi dengan orang tua siswa tentang nilai perkembangan siswa dan dapat menimbulkan kehilangan dan kerusakan dokumen. Berdasarkan uraian dari latar belakang, maka dapat dirumuskan masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana merancang dan membuat sistem informasi penilaian perkembangan belajar siswa di KUMON Ngringo berbasis Web". Sistem Informasi bertujuan untuk memudahkan dalam pengelolaan suatu data informasi. Metode pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle). Bahasa pemograman yang penulis gunakan adalah PHP dengan menggunakan CodeIgniter sebagai framework-nya dan database MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Hasil dari perancangan system ini terdiri dari diagram konteks, DFD, ERD, Skema diagram dan interface. Pengguna dari system informasi antara lain admin, pengajar dan siswa. Keywords: Sistem Informasi, Penilaian, PHP, MySQL, Codeigniter.
Multimedia Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Kelas XII MA Menggunakan Adobe Flash CS3 (Studi Kasus Madrasah Aliyah Al Falah Gedongan Baki Sukoharjo) Badriyah Rifani; Ismail Setiawan; Ari Pantjarani
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.046 KB) | DOI: 10.52187/img.v1i1.2

Abstract

Proses belajar mengajar di MA Al-Falah Gedongan Baki Sukoharjo khususnya pada pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah, metode yang masih digunakan guru dalam mengajar. Dalam metode ceramah guru yang aktif, sedangkan siswanya hannya berperan sebagai pendengar dengan cara mencatat rumus dan pokok-pokok penting yang dikemukakan oleh guru, hal ini membuat proses pembelajaran kurang efektif, membuat siswa pasif dan merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran lama ke media pembelajaran baru yang lebih moderen, yaitu menggunakan multimedia interaktif, yaitu menyediakan berbagai fasilitas pembelajaran dengan menyajikan materi yang dilengkapi dengan latihan soal serta tampilan yang dibuat dengan animasi agar lebih menarik sehingga penggunaannya lebih mudah, efisien, dan efektif serta berinteraktif dengan mengklik tombol-tombol yang sudah disediakan. Penulis menggunakan metode SDLC dalam mengembangkan media pembelajaran, metode tersebut meliputi perancangan: observasi, wawancara, studi pustaka. Bahasa pemograman yang penulis gunakan  adalah Adobe Flash CS3.
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA SEKOLAH VOCATIONAL AL-MA’MUN affan muzhaffar; Evy Nurmiati
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.819 KB) | DOI: 10.52187/img.v2i1.20

Abstract

Sebagai salah satu sekolah menengah atas, SMP Vocational Al-Ma’mun terusmeningkatkan daya saing antara sekolah menengah pertama di tengah maraknyapersaingan dari sekolah menengah pertama sejenis di Depok. Keunggulan daya saingtidak hanya diperoleh melalui sumber daya manusia, keuangan dan manajemen yang kuattetapi juga juga dapat diperoleh melalui pemanfaatan teknologi informasi dankomunikasi. Untuk mendapatkan keunggulan kompetitif melalui pemanfaatan teknologiinformasi dan komunikasi, SMP Vocational Al-Ma’mun harus memiliki perancanganstrategis sistem informasi, sehingga sejalan dengan visi, misi dan tujuan. Penelitian inimenggunakan model Strategis SI/TI yang diprakarsai oleh Ward dan Pepperd. Analisisdilakukan dengan menggunakan alat PEST untuk analisis lingkungan eksternal, RantaiNilai untuk analisis lingkungan bisnis internal dan McFarlan Strategic Grid untuk analisislingkungan SI/TI internal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rekomendasi perencanaanstrategis sistem informasi di SMP Vocational Al-Ma’mun.
Sistem Informasi Agenda Kegiatan Pada Human Resources Development Berbasis Desktop Dan Android (Studi Kasus PT Konimex Pharmaceutical Laboratories) Sofia Nanda Ina Pratiwi; Nuur Rochman Naafian; Ari Pantjarani
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.246 KB) | DOI: 10.52187/img.v1i1.4

Abstract

Sistem informasi agenda kegiatan HRD PT Konimex Pharmaceutical Laboratories masih bersifat manual, yaitu dengan melakukan penulisan jadwal di papan agenda kegiatan. Hal tersebut masih kurang efektif karena informasi belum tentu sampai kepana pihak yang seharusnya. Sehingga dapat berpengaruh dalam kelancaran suatu kegiatan. Batasan masalah yang penulis bahas adalah hanya mencangkup agenda kegiatan pada bagian HRD PT Konimex Pharmaceutical Laboratories. Sistem ini online namun tidak mengatasi masalah apabila ada masalah di jaringan internet. Untuk pengguna sistem desktop yaitu Admin 2 dan KASI HRD, sedangkan untuk android digunakan seluruh karyawan PT Konimex. Data input meliputi data user, data karyawan, data bagian, data jabatan, data ruangan, data gedung, dan data agenda kegiatan. Output dari sistem yaitu info user, info karyawan, info bagian, info jabatan, info ruangan, info gedung, dan info agenda kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem agenda kegiatan pada Human Resources Development berbasis desktop dan android di PT Konimex Pharmaceutical Laboratories. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode SDLC (System Development Life Circle) model waterfall. Model tersebut memiliki beberapa tahap yaitu, analisa sistem, perencanaan dan desain sistem, implementasi, pengujian, dan perawatan. Untuk implementasi penulis menggunakan NetBeans untuk sistem desktop, B4A untuk android dan MySQL untuk database.
Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Dan Pengarsipan Surat Masuk Serta Surat Keluar Di Dekanat Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta Sunarto Sunarto; Nuur Rochman Naafian; Kresno Ario Tri Wibowo
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1318.746 KB) | DOI: 10.52187/img.v2i1.22

Abstract

ABSTRACT Correspondence activities are still needed and as proof of a valid document. The Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) still uses letters to establish communication with outside parties. Good mail management will provide positive benefits for the agency. Considering the function of the letter which is quite important, it is better for the Faculty of Engineering, UNS, to ensure that the letter storage process can be carried out by following the agenda system procedure. Based on this background, the formulation of the problem to be solved in this research is "How to design an information system for incoming and outgoing letters at the Dean of the Faculty of Engineering UNS". The method used for the development of information systems is the System Development Life Cycle (SDLC) with the Waterfall model. The programming language used is PHP Native and MySQL database. The result of this research is the design of an information system for recording and filing letters that can be implemented at the Dean of the Faculty of Engineering, UNS. The design of this letter recording and archiving information system is expected to be used to manage letter data at the Dean of the Faculty of Engineering UNS properly following the agenda system procedure. 
Sistem Informasi Pendaftaran Workshop Berbasis Web di PT. Aksara Solopos Surakarta Gita Septiani; Nuur Rochman Naafian; Eka Budhi Santosa
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.874 KB) | DOI: 10.52187/img.v1i1.5

Abstract

Sistem Informasi merupakan teknologi informasi yang diolah menjadi bentuk data yang berguna bagi aktivitas manusia. Dengan sistem informasi diharapkan dapat mempermudah pekerjaan manusia dan memaksimalkan suatu kinerja yang dapat memenuhi kebutuhannya. Salah satu alat sistem  informasi saat ini adalah komputer. Pada Lembaga Pelatihan Jurnalistik Solopos (LPJS) di PT.Aksara Solopos Surakarta melakukan kegiatan Workshop pada Sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi yang telah bekerja sama. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pelatihan jurnalistik, pelatihan penulisan media online, video vlog, penulisan cerpen, dan sebagainya.
Sistem Informasi Peminjaman Alat Di Laboratorium Otomasi Dan Robotik Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta Ali Mahfuliyanto
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.103 KB) | DOI: 10.52187/img.v2i1.25

Abstract

The Faculty of Engineering, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta has an information system to record data on borrowing tools in the automation and robotics laboratories, although they still use manual bookkeeping archives. This manual system has a weakness, namely it takes a lot of time to make a data report on borrowing tools. In addition, the existing tool lending system has not run optimally, so it is necessary to develop a system so that existing data can be integrated. The method used for the development of the tool lending system uses the System Development Life Cycle with the Waterfall model. The tool lending system is made using the PHP language and MySQL database as a data storage medium. The purpose of developing this information system is to speed up and simplify the process of borrowing tools, recaping data on borrowing tools, and making reports on borrowing laboratory equipment. This laboratory equipment loan system can be accessed by students, laboratory heads and admins. With the creation of the new system, it is hoped that it can assist and improve the performance of the UNS Faculty of Engineering staff, making it more effective and efficient in collecting data on borrowing tools in the automation and robotics laboratory.
Sistem Informasi Arsip Surat Berbasis Desktop (Studi Kasus Dinas Pekerjan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sukoharjo) Yuni Saras Wati; Chairullah Naury; Eka Budhi Santosa
Indonesian Journal of Information Technology and Computing (IMAGING) Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Politeknik Harapan Bangsa Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (414.016 KB) | DOI: 10.52187/img.v1i1.6

Abstract

Pada penelitian ini penulis membahas tentang sistem pengarsipan surat pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sukoharjo. Masalah yang terjadi dalam proses pengarsipan surat ini yaitu masih menggunakan pencatatan manual menggunakan buku kecil dan buku agenda sehingga memerlukan waktu yang lama dalam mencatat surat, penyimpanan data dalam tumpukan map-map yang rentan kerusakan dan kehilangan data surat, belum adanya laporan surat masuk dan surat keluar, pembuatan surat perintah tugas masih kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis melakukan analisa perancangan sistem menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Sistem pengarsipan dikembangkan dengan bahasa pemrogramman Microsoft Visual Studio 2008 dan database MySQL. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis desktop yang dapat mempermudah dalam proses pengarsipan surat, mempermudah dalam pembuatan laporan, menyimpan data surat dengan baik, dan mempermudah pembuatan surat perintah tugas.