Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
Vol. 1 No. 01 (2022): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin

DETERMINAN TATA KELOLA SYARIAH TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DISCLOSURE (STUDI EMPIRIS: SEBELUM DAN SETELAH PANDEMI COVID-19)

Nur Azifah (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai faktor-faktor sharia governance (SR) yang memberikan dampak terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dari laporan keuangan tahunan bank syariah periode 2016-2020. Sampel penelitian ini adalah 6 Bank Umum Syariah di Indonesia. Variabel independen menggunakan sharia governance yang diproksikan dengan ukuran dewan komisaris, ukuran dewan direksi, ukuran dewan pengawas syariah dan ukuran komite audit serta variabel dummy pandemi COVID-19 terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting pada perbankan syariah di Indonesia periode 2016 hingga 2020. Metode yang digunakan adalah content analysis dan regresi data panel. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa secara simultan seluruh variabel proksi sharia governance memiliki dampak signifikan terhadap tingkat pengungkapan ISR. Sedangkan, dari uji parsial diketahui bahwa variabel ukuran dewan direksi, komite audit, dan pandemi COVID-19 berpengaruh terhadap pengungkapan ISR. Temuan menarik pada penelitian ini yakni tidak berpengaruhnya DPS terhadap pengungkapan ISR yang disebabkan masih kurang optimalnya kinerja DPS, kemudian peran serta keterlibatan dari dewan direksi dan komite audit ternyata sangat penting, sehingga setiap perbankan syariah perlu memerhatikan indikator-indikator tersebut guna meningkatkan kinerja pengungkapan ISR di Perbankan Syariah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JUKIM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah ...