cover
Contact Name
Tommy
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285695565558
Journal Mail Official
tommy@admi.or.id
Editorial Address
Perumahan Bumi Dirgantara Permai Blok CL NO 5, Jl. Durian, Jati Asih, Bekasi, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JUKIM)
ISSN : 28290488     EISSN : 28290518     DOI : https://doi.org/10.56127/jukim.v1i2
Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia dan di terbitkan 6 kali dalam setahun yautu Januari, Maret, Mei, Juli, September, November. Jurnal Ilmiah multidisiplin sebagai sebuah jurnal ilmiah diharapkan dapat menunjukkan kepada masyarakat luas akan kekayaan khazanah keilmuan melingkupi berbagai dimensi kehidupan. Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Komunikasi, Teknik, dan Informatika
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 92 Documents
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM: (Studi Action Research pada Bisnis The Local Space) Nida Auliya Iqlima; Tine Silvana R; Yunus Winoto
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 2 No. 01 (2023): Januari : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu hal yang paling penting dalam perencanaan bisnis adalah melaksanakan kegiatan marketing atau pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode action research. Dalam penelitian ini, peneliti berpartisipasi langsung untuk membangun strategi komunikasi pemasaran dengan pengelola The Local Space. Pendekatan atau Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Model SOSTAC. Hasil dari penelitian ini meliputi berhasilnya peneliti untuk dapat melaksanakan kegiatan komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram berdasarkan model SOSTAC dan melalui tahapan perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Peneliti berhasil menyusun perencanaan kegiatan komunikasi pemasaran, membuat akun media sosial instagram sebagai media pemasaran, dan mengelola konten-konten komunikasi pemasaran. Adapun kesimpulan dari penelitian ini meliputi, kegiatan komunikasi pemasaran berhasil dilakukan melalui media sosial instagram dengan efektif.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI SONOKUNO KITCHEN JAKARTA Ratna Susilowati
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.787 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i02.224

Abstract

Sosial media menghapus batasan manusia untuk berinteraksi dimana dengan media sosial ini manusia bisa berkomunikasi dimanapun mereka berada dan di waktu kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu. Pada Januari 2022 pengguna media sosial di Indonesia mencapai 191,4 juta orang, hal ini dimanfaatkan juga oleh para pelaku usaha untuk dapat berinteraksi dengan para konsumennya baik dalam bentuk promosi ataupun berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk di Sonokuno Kitchen Jakarta. Persamaan regresi linier sederhana yang didapatkan dari hasil olah data menggunakan software SPSS versi 25.0 adalah Y = 35,585 + 0,108X. Hasil uji t variabel social media marketing Instagram memiliki nilai t table (138, 5% : 2) = 1,977 dan t hitung sebesar 2,046. Hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya ada pengaruh signifikan variabel Social Media Marketing Instagram terhadap keputusan pembelian produk di Sonokuno Kitchen. Nilai R Square adalah 0,029 atau atau hanya 2,9% social media marketing instagram berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Sonokuno Kitchen dan 97,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
Analisis Optimalisasi Portofolio Saham Perbankan Dengan Pendekatan Model Indeks Tunggal pada periode Januari 2007 - Desember 2014 Suwardi
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 02 (2022): Maret : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.689 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i02.240

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan mengetahui berapa jumlah saham yang masuk ke dalam portofolio optimal, kemudian investasi apa saja yang dapat membentuk portofolio optimal dan berapa proporsi dana nya dan mengetahui tingkat keuntungan serta resiko dari saham-saham optimal tersebut. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Indeks Tunggal untuk menentukan saham-saham perbankan yang masuk sebagai kandidat portofolio saham optimal. Berdasarkan hasil pengolahan data, Investor yang rasional akan menginvestasikan danan ya ke dalam portofolio saham BMRI dan BBRI karena kedua saham tersebut konsisten menjadi saham kandidat dan dari ke 2 saham tersebut yang paling optimal adalah pada saham BMRI dengan 16.41 % sedangkan di urutan kedua saham BBRI sebesar 10.64 %.
DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE Nurhaliza; Sri Rakhmawati
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.44 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.100

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek, brand awareness, brand ambassador, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada konsumen yang menggunakan Marketplace Shopee. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah : Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Confirmatory Factor Analysis (CFA), Uji Kesesuaian Model dan Uji Hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 250 responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna Marketplace Shopee. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah Amos 24 dengan metode analisis data yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, brand awareness, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Marketplace Shopee. Sedangkan variabel harga dan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Marketplace Shopee.
Metode User Centered Design dalam Merancang Tampilan Antarmuka Ecommerce Penjualan Produk Makanan Sweetbites By Caca Berbasis Website Menggunakan Aplikasi Balsamiq Mockups Remy Sanjaya; Puji Sularsih; Yeni Setiani
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (899.684 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.101

Abstract

Seiring dengan pesatnya kemajuan dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem informasi juga mengalami kemajuan yang signifikan. Melalui e- commerce atau perdagangan elektronik, banyak orang memanfaatkan hal itu dengan baik, salah satunya untuk berbisnis di bidang kuliner. Sweetbites by Caca merupakan salah satu home industry yang memanfaatkan e-commerce dengan menjual beberapa macam produk makanan kekinian. Pemasaran produk pada toko Sweetbites by Caca hanya dengan saling memberikan informasi melalui satu pelanggan ke pelanggan lainnya dan melakukan promosi melalui aplikasi media sosial yaitu Instagram dan Whatsapp sehingga pemasaran dan penjualan produk masih belum maksimal. Tujuan dari penulisan ini adalah membuat rancangan toko online berbasis website sebagai media promosi dan penjualan produk. Perancangan tampilan antarmuka pengguna ecommerce dibuat menggunakan aplikasi balsamiq mockups 3. Tahapan dari metode user centered design terdiri dari plan the human centered process, specify the context of use, specify user and organizational requirements dan produce design solutions. Dengan menggunakan metode user centered design maka rancangan tampilan antarmuka pengguna yang dihasilkan berfokus kepada kebutuhan pengguna. Hasil rancangan tampilan antarmuka pengguna yang telah dibuat meliputi halaman utama, halaman profil, halaman kontak, halaman produk dan halaman galeri.
PERBANDINGAN TINGKAT KESEHATAN BANK PT. BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk DAN VIETCOMBANK MENGGUNAKAN LDR, ROA DAN CAR PERIODE 2016-2020 Diah Aryati Prihartini; Dyah Palupi
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.788 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.102

Abstract

Sistem perbankan memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian suatu negara. Karena hal tersebut maka bank yang digunakan haruslah sehat supaya tidak menimbulkan hal buruk terhadap kinerja yang bisa menimbulkan kerugian kedua belah pihak didalamnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kesehatan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Vietcombank jika diukur menggunakan rasio Loan to Deposit Ratio, Return on Aset dan Capital Adequecy Ratio pada periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dan data kuantitatif dengan metode analisa deskriptif. Laporan yang digunakan adalah laporan yang dipublikasikan oleh perusahaan.Hasil penelitian menunjukan bahwa pada rasio Loan to Deposite Ratio (LDR) Bank Vietcombank memiliki tingkat kesehatan yang baik dibandingkan Bank Rakyat Indonesia. Sedangkan hasil rasio Return on Asset (ROA) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) hasilnya lebih baik Bank Rakyat Indonesia dibandingkan Bank Vietcombank.
ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN BEBEK KALEYO CABANG GRAND WISATA, TAMBUN SELATAN, BEKASI Nonik; Alika Tiray Maharani
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.563 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.104

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian di Restoran Bebek Kaleyo Cabang Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan data perolehan langsung melalui pengisisan kuesioner oleh responden. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresinya adalah Y = 3.817 + 0.152 X1 + 0.190 X2 + 0.522 X3 + e. Angka R Square menunjukkan bahwa 52,4% keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga, kualitas produk, promosi dan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa variabel independen yaitu Harga (X1), kualitas produk (X2) dan promosi (X3) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) secara parsial. Kemudian melalui Uji F diketahui juga bahwa variabel harga (X1), kualitas produk (X2) dan promosi (X3) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR Dini Andriyani; Sri Wahyu Handayani
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.562 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan pemerintah Kota di Jawa Timur periode 2014-2018 dilihat dari rasio derajat desentralisasi fiskal, rasio ketergantungan daerah, rasio kemandirian keuangan daerah, rasio pertumbuhan pendapatan, rasio efektifitas dan efisiensi pendapatan asli daerah, rasio aktivitas/keserasian daerah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kota di Jawa Timur yang berjumlah 9 Kota termasuk Provinsi Jawa Timur. Metode pengumpulan sampel dengan menggunakan metode pengumpulan data sekunder yang diambil dari http://www.djpk.depkeu.go.id. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemandirian daerah tergolong sangat rendah dan pola hubungannya instruktif, tingkat efektivitas keuangan daerah Kota di Jawa Tengah tergolong sangat efektif, rasio keserasian yang menjelaskan bahwa hasil belanja rutin lebih diprioritaskan dibandingkan belanja modal, kemampuan keuangan daerah tergolong kedalam kondisi yang belum ideal.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA BERKEINGINAN MENJADI ENTREPRENEUR Tia Chisca Anggraeni; Ibnu Cahyo Ramadhan
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.613 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.122

Abstract

Diera modern ini banyak sekali terlahir entrepreneur yang menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Banyaknya inovasi-inovasi baru , unik dan kreatif di segala bidang mampu mendukung kegiatan entrepreneur yang memiliki daya tarik sehingga memicu ketertarikan konsumen. Munculnya entrepreneur ini sangat berguna terutama bagi pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran terutama di Indonesia, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Entrepreneur. Pokok masalahnya adalah seberapa besar pengaruh Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko, dan Kebebasan dalam Bekerja terhadap Keinginan Menjadi Entrepreneur. Jenis data yang digunakan adalah data primer dalam bentuk kuesioner kepada 100 responden, Dalam hasil pembahasan tentang Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko dan Kebebasan dalam Bekerja terhadap Keinginan menjadi Entrepreneur secara simultan Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko dan Kebebasan dalam Bekerja (X1, X2, X3) berpengaruh terhadap Keinginan menjadi Entrepreneur (Y) dan secara parsial Keberhasilan Diri, Toleransi akan Resiko dan Kebebasan dalam Bekerja masing-masing berpengaruh terhadap Keinginan menjadi Entrepreneur.
ANALISA CARA KERJA MICROSERVICE BERBASIS PHYTON UNTUK PERANCANGAN CREDIT SCORE PADA DI FINTECH Andre Pratama Adiwijaya; Sutresna Wati
Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1 No. 03 (2022): Mei : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Publisher : Asosiasi Dosen Muda Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.701 KB) | DOI: 10.56127/jukim.v1i03.186

Abstract

Penelitian ini mampu membuat penentuan kelayakan pemberian pinjaman secara online tanpa harus melakukan survei kelayakan secara offline. Permodelan untuk kelayakan pemberian menggunakan skema model Predictive Analytics yang dimana service/aplikasi ini bisa berdiri sendiri ataupun bergabung dengan keseluruhan aplikasi dari ERP (Enterprise Resource Planning). Metode yang digunakan dalam perancangan pembuatan service/aplikasi berasiskan agile. Sistem ini berbasiskan Phyton dan juga database menggunakan MYSQL. Aplikasi ini memudahkan perusahan finansial dari multi finance hingga bank dapat memilih calon peminjam dengan tingkat gagal bayar rendah serta membuat nilai TKB dari perusahaan tersebut akan selalu terjaga. Dan dapat meminimalisir para peminjam gagal bayar.

Page 1 of 10 | Total Record : 92