PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology
Vol. 3 No. 1 (2023): P-SEMART Journal

Metode Snowball Throwing Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Surabaya

Hadi Sanusi (SMP Negeri 18 Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran IPA pada siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 18 Surabaya untuk tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini melibatkan 32 siswa yang menunjukkan minat rendah dalam mata pelajaran tersebut. Hasil penilaian awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada di bawah tingkat yang diharapkan, dengan hanya mencapai persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 45%, sedangkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal seharusnya mencapai minimal 70%. Untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan pengalaman belajar yang lebih baik, metode Snowball Throwing diterapkan. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian, dan diskusi, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Pada pra-siklus, hasil belajar siswa berada pada tingkat 45%. Pada Siklus I, terjadi peningkatan yang sedikit, mencapai 59%, namun masih termasuk dalam kategori kurang. Namun, penyesuaian dilakukan untuk Siklus II, yang menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar, mencapai 79%, setelah menerapkan metode Snowball Throwing. Selain itu, penerapan metode Snowball Throwing juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPA. Pada pra-siklus, keterlibatan siswa hanya mencapai 60%. Pada Siklus I, terjadi peningkatan, mencapai 67%. Pada Siklus II, keterlibatan siswa mengalami peningkatan yang signifikan, mencapai 97%. Siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan IPA dengan penerapan metode Snowball Throwing. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran IPA bagi siswa Kelas VIII D di SMP Negeri 18 Surabaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psemart

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

P-SEMART JOURNAL, PGRI-Science Education Media of Applied Research & Technology, is an open-access peer-reviewed research journal that is published by PGRI Provinsi Jawa Timur. It welcomes and acknowledges high-quality empirical original research papers about education written by researchers, ...