Journal Of Biology Education Research (JBER)
Vol 1, No 1 (2020): Volume 1 Nomor 1 November 2020

Pengembangan Media Membelajaran Berbasis Android Pada Materi Sintesis Protein Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa

Meri Sri Susanti (Unknown)
Nandang Hidayat (Unknown)
Surti Kurniasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein untuk meningkatkan kompetensi siswa pada aspek kognitif. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan desain Four D. Penelitian melibatkan 3 orang validator dan 72 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi guru biologi, dan soal tes pilihan ganda pada materi sintesis protein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein rata-rata sebesar 93% dengan kategori Sangat Layak. Kompetensi siswa meningkat dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil, penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android pada materi sintesis protein dapat meningkatkan kompetensi siswa. Rekomendasi untuk penelitian lanjutan sebaiknya dilakukan uji coba pada skala luas dengan jumlah siswa yang lebih banyak agar didapatkan data yang lebih akurat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jber

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science

Description

Journal of Biology Education Research (JBER) publishes original research or theoretical papers, literature review on new knowledge of research, and research application that emphasize issues germane to Biology and Biology Education. Special emphasis is placed on research relevant to Biology ...