Kajian Ilmu Sosial
Vol 2, No 1 (2021): Kajian Ilmu-Ilmu Sosial

OBJEK PESAN IKLAN TIKET.COM VERSI “TIM TIKET INVESTIGASI” DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

Quincy Nixie Angestie (Unknown)
Resman Muharul Tambunan (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
15 May 2021

Abstract

Iklan merupakan penyampaian pesan produk atau jasa disalurkan media kepada masyakat luas menampilkan bentuk apapun, salah satunya media sosial youtube merupakan sarana promosi paling berpengaruh karena memiliki jangkauan luas. Banyak dari pengiklan produk atau jasa menyampaikan pesan iklannya untuk menyakinkan para calon pembeli, tak terkecuali iklan tiket perjalanan hingga penginapan seperti Tiket.com. Penelitian ini memakaiteori semiotika Charles Sanders Pierce dengan menganalisis objek terdiri dari ikon, indeks, simbol.Paradigma penelitian konstruktif interpretif denganmetode kualitatif deskriptif bertujuan untuk mengetahui semua objek adegan dan tanda pesan iklan TVC Tiket.com diperankan olehRaffi Ahmad dan Nagita Slavina. Hasil penelitian ini menganalisis objek yang terdiri dari Ikon bahwa hidup selebriti terkenal seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tidak memiliki privasi, seorang selebriti terus diikuti media yang haus informasi. Kemanapun selebriti pergi media terus mengikutinya. Indeks, media pemberitaan kabar baik dan kabar buruk selebriti cepat menyebar. Kabar buruk selebriti ditampilkan karena memiliki nilai berita. Simbol, iklan Tiket.com mempromosikan iklannya sesuai dengan kesukaan masyarakat yaitu menyukai berita selebriti sebagai hiburannya. Kesimpulan ikon, indeks dan simbol adalah seorang selebriti tidak memiliki privasi, kabar baik dan kabar buruknya cepat menyebar kepada masyarakat karena masyarakat menyukai pemberitaan selebriti sebagai hiburannya. Seharusnya ikon, indeks dan simbol iklan Tiket.com lebih bijak dalam pemilihan karakter pemeran iklan dan jalannya cerita dapat memberikan pesan moral ketika mempromosikan produk atau jasanya.Kata Kunci : Komunikasi, Iklan, Semiotika, Objek, Media Sosial

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kais

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal KAIS (Kajian Ilmu Sosial) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal ini menampilkan karya dan pemikrian di bidang ilmu sosial terutama ilmu politik, ilmu administrasi publik, ilmu komunikasi dan ilmu kesejahteraan ...