cover
Contact Name
Nani Nurani Muksin
Contact Email
naninuranimuksin@umj.ac.id
Phone
+6281311155585
Journal Mail Official
redaksikais@umj.ac.id
Editorial Address
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/kais/about/editorialTeam
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Kajian Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 27224295     DOI : -
Jurnal KAIS (Kajian Ilmu Sosial) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal ini menampilkan karya dan pemikrian di bidang ilmu sosial terutama ilmu politik, ilmu administrasi publik, ilmu komunikasi dan ilmu kesejahteraan sosial.
Articles 29 Documents
KAMPANYE POLITIK CALON LEGISLATIF PEREMPUAN (STUDI FENOMENOLOGI PADA PEMILIHAN UMUM 2019) Robby Milana; Nani Nurani Muksin
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 2, No 1 (2021): Kajian Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.924 KB) | DOI: 10.24853/kais.2.1.158-168

Abstract

Artikel ini membahas tentang komunikasi politik yang dilakukan oleh calon legislatif perempuan pada pemilu 2019. Tujuan dari penelitian adalah menggambarkan pengalaman subjektif calon legislatif perempuan dalam melakukan kampanye pemilu. Sebagai landasan teoritis, studi ini menggunakan teori komunikasi politik, kampanye politik dan fenomenologi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dan dengan menggunakan metode fenomenologi. Hasil penelitian menemukan tiga faktor penting, yaitu: Pertama, calon legislatif perempuan merasa percaya diri dalam melakukan kampanye pemilu dikarenakan adanya pengalaman berkampanye pada periode sebelumnya dan telah memiliki modal sosial. Namun demikian calon legislatif tidak menampik bahwa kampanye bukan sebuah proses yang mudah dan sederhana. Kedua, pesan komunikasi politik yang diproduksi dan disampaikan bersifat realistis. Ketiga, saluran komunikasi interpersonal tatap muka dan door to door dianggap sebagai saluran paling efektif dalam menyampaikan pesan komunikasi politik, dibanding saluran komunikasi bermedia, termasuk saluran media sosial.
Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran Public Relations di Universitas Muhammadiyah Jakarta Tria Patrianti
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2020): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.188 KB) | DOI: 10.24853/kais.1.1.34-42

Abstract

Di dunia pendidikan, khususnya perguruantinggi, reputasi merupakan salah satu pendorong daya saing. Sebagai akumulasi dari citra, reputasi selalu melekat pada perguruan tinggi yang telah lama berdiri. Citra dan reputasi biasanya bersinggungan dengan peran Public Relations yang secara alamiah bertugas mengelola image dan membangun reputasi lembaga. Tulisan ini merupakan hasil penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan mengetahui dan menggali peran Public Relations (PR) di Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam membangunreputasi untuk bersaing meraih calon mahasiswa. Melalui wawancara mendalam dengan key informants, diketahui bahwa peran PR lebih banyak dijalankan melalui pendekatan promosi atau teknis pemasaran. Secara kelembagaan, posisi PR ditempatkan pada struktur organisasi di level teknis, bukan strategis sebagai pengelola citra dan reputasi lembaga. Pada penguatan kebijakan, public relations UMJ belum memiliki wewenang membuat kebijakan untuk mengelola citra dan membangun reputasi UMJ di hadapan publiknya, baik itu konsumen, media, komunitas, LSM, dan lain sebagainya. SDM kehumasan yang masih berada di level technical menjadi satu dari sekian banyak persoalan yang harus dibereskan oleh UMJ.Kata kunci: Public Relations, Citra, Reputasi, Perguruan Tinggi Muhammadiyah
PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM BAGI PENYANDANG DISABILITAS Adelia Riyan Nandini; Zulfahmi Yasir Yunan
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 3, No 2 (2022): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.862 KB) | DOI: 10.24853/kais.3.2.65-71

Abstract

Bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia berdampak pada korban jiwa serta kerugian materil, sehingga dibutuhkan penanggulangan bencana yang baik dan benar untuk menghadapi dampak dari bencana alam. Namun pada pelaksanaannya, sering terjadi ketidaksesuaian antara upaya penanggulangan bencana dengan berbagai kebutuhan penyandang disabilitas yang membuat kelompok tersebut semakin rentan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkaji upaya penanggulangan bencana melalui pelibatan penyandang disabilitas di Indonesia agar lebih peka terhadap kebutuhan setiap jenis disabilitas. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan penyandang disabilitas dalam upaya penanggulangan bencana. Hal mudah yang dapat dilakukan adalah dengan menumbuhkan pengetahuan mengenai penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus mereka pada pemangku kepentingan dan juga masyarakat. Melalui kegiatan sosialisasi, pendidikan dan pelatihan diharapkan masyarakat lebih mengenal dan menerima penyandang disabilitas dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, pekerja sosial memiliki peran untuk memberikan penanggulangan bencana yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas. Perlu adanya kerjasama lintas sektoral dari Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Kesehatan, serta pihak LSM dalam rangka menghasilkan data disabilitas yang akurat dan tidak simpang siur antar lembaga/organisasi. Penguatan kapasitas juga dapat dilakukan melalui penguatan sosial ekonomi penyandang disabilitas.
SUATU KAJIAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN PERTANIAN INDONESIA Veranus Sidharta
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 2, No 2 (2021): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.487 KB) | DOI: 10.24853/kais.2.2.229-232

Abstract

AbstrakPertanian, dalam paradigma pembangunan berkelanjutan merupakan sistem pembangunan yang secara menyeluruh memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta teknologi untuk mensejahterakan masyarakat. Peran petani sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan pangan bagi suatu Dengan semakin berkurangnya jumlah petani saat ini dan petani saat ini rata-rata sudah berumur tua dapat mengancam ketahanan pangan secara keseluruhan. Keluarga sebagai faktor internal berperan penting terhadap regenerasi petani dimana mereka secara langsung dapat berinteraksi setiap saat. . Peran pemerintah dan swasta dalam kebijakan alih fungsi lahan perlu memperhatikan dampak yang ditimbulkan.Kata Kunci : Regenerasi Petani, Degradasi Lahan, Alih Fungsi  Lahan, Komunikasi Pembangunan
TANDA,PESAN DAN MAKNA IKLAN GOJEK VERSI ” CERDIKIAWAN” SEMIOTIKA CHARLES SANDER PIERCE Velda Ardia; Indriawan Indriawan; Jamiati Jamiati
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2020): KAIS Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1002.855 KB) | DOI: 10.24853/kais.1.2.71-79

Abstract

Saat ini dunia periklanan semakin modern dan kreatif dan televisi masih menjadi media favorit untuk sarana beriklan. Sarana ini pula yang kemudian dimanfaatkan oleh pengiklan seperti perusahaan transportasi jasa online untuk beriklan ditelevisi seperti iklan Gojek versi “Cerdikiawan”. Iklan seringkali menggunakan simbol atau tanda dalam memaparkan produknya, pesan didalam iklan berupa teks dan visual. Terkait hal tersebut tujuan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Sign, Object, Interpretant serta pesan dan makna dalam iklan Gojek versi “Cerdikiawan. Teori yang digunakan yang dianggap relevan dengan menggunakan teori iklan, teori televisi, tehnik pengambilan gambar, konsep warna, teori makna, teori semiotika, semiotika model Charles Sander Pierce, teori konstruksi realitas. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, penelitian ini menggunakan semiotika sebagai sebuah analisis, dengan pengumpulan data primer dan data sekunder, selanjutnya dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data triangulasi sumber dengan dua informan Penelitian ini menggunakan metode analisis dengan analisis semiotika model Charles Sander Pierce. Penelitian ini menganalisis makna iklan Gojek yang dikaji dengan Triangle of meaning yaitu sign, object, dan interpretant. Dengan hasil yaitu mengindikasikan iklan ini adalah aplikasi alternative yang cerdik karena mampu membuat solusi bagi setiap permasalahan yang selalu terselesaikan dengan kreatif yang setiap scene dari iklan Gojek versi Cerdikiawan ini tayangkan. Pesan verbal yang ditunjukan dari narasi suara Najwa Syihab. Sedangkan pesan nonverbalnya adalah semua aktivitas yang ditunjukan dari iklan ini ekspresi dan setting lokasi pada 11 scene. Makna pada iklan Gojek versi “Cerdikiawan” memuat makna tentang aplikasi alternative yang cerdik. Kesimpulannya yaitu iklan Gojek versi “Cerdikiawan” ini merupakan salah satu iklan yang mengajak masyarakat menjadi sosok Cerdikiawan, yang terdapat pesan dan makna dari iklan ini juga digunakan untuk membranding Gojek sebagai aplikasi cerdik dan mampu menjawab segala bentuk permasalahan kehidupan dengan kreatif dan sederhana
ANALISIS PROSES PEREKRUTAN RELAWAN PADA AKSI CEPAT TANGGAP-MASYARAKAT RELAWAN INDONESIA (ACT-MRI) Elza Nurhalizah Rahmadini; Oktavia Amanda; Tiara Vida Mulyanasari
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 3, No 1 (2022): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.588 KB) | DOI: 10.24853/kais.3.1.25-36

Abstract

Saat ini mulai banyak organisasi pelayanan kemanusian yang memanfaatkan tenaga relawan di setiap kegiatannya. Relawan memiliki peranan penting dalam menjalankan programprogram di setiap organisasi pelayanan kemanusiaan. Tentu dengan adanya pemanfaatan tenaga relawan dapat memberikan kontribusi dalam proses keberlangsungan suatu organisasi pelayanan kemanusiaan untuk mencapai tujuannya. Diperlukan suatu proses penyeleksian dalam memperoleh tenaga relawan yang sesuai dengan prosedur masing-masing organisasi. Dalam hal ini, lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) membuat wadah Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) untuk mereka yang tertarik menjadi bagian dari relawan. ACT- MRI mempunyai fokus dan kepentingan dalam memenuhi hak-hak masyarakat agar mendapatkan kehidupan yang sejahtera. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana proses perekrutan relawan pada Aksi Cepat Tanggap-Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metodologi pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta teknik pengumpulan data melalui wawacara, obervasi non-partisipasi dan studi Pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses perekrutan relawan pada ACT-MRI melawati beberapa tahapan, yaitu: Relawan melakukan registrasi via online melalui membership.relawan.id. Setelah itu, para relawan memilih program pendidikan yang terbagi ke dalam tiga group cluster, diantaranya Cluster Disaster Management, Group Cluster Social Development dan Group Cluster Profesi. Kemudian, para relawan mengikuti serangkaian tahapan seperti orientasi relawan, volunteer class reguler, volunteer camp, volunteer academy class, volunteer development training dan volunteer leadership series. Relawan yang telah mengikuti semua serangkaian pendidikan dan pelatihan, selanjutnya akan menjadi relawan terbina. Sebelum menjadi relawan terbina, mereka harus melewati serangkain tahapan sebagai relawan pemula, relawan terampil serta relawan penggerak.
OBJEK PESAN IKLAN TIKET.COM VERSI “TIM TIKET INVESTIGASI” DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce) Quincy Nixie Angestie; Resman Muharul Tambunan
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 2, No 1 (2021): Kajian Ilmu-Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.733 KB) | DOI: 10.24853/kais.2.1.169-182

Abstract

Iklan merupakan penyampaian pesan produk atau jasa disalurkan media kepada masyakat luas menampilkan bentuk apapun, salah satunya media sosial youtube merupakan sarana promosi paling berpengaruh karena memiliki jangkauan luas. Banyak dari pengiklan produk atau jasa menyampaikan pesan iklannya untuk menyakinkan para calon pembeli, tak terkecuali iklan tiket perjalanan hingga penginapan seperti Tiket.com. Penelitian ini memakaiteori semiotika Charles Sanders Pierce dengan menganalisis objek terdiri dari ikon, indeks, simbol.Paradigma penelitian konstruktif interpretif denganmetode kualitatif deskriptif bertujuan untuk mengetahui semua objek adegan dan tanda pesan iklan TVC Tiket.com diperankan olehRaffi Ahmad dan Nagita Slavina. Hasil penelitian ini menganalisis objek yang terdiri dari Ikon bahwa hidup selebriti terkenal seperti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tidak memiliki privasi, seorang selebriti terus diikuti media yang haus informasi. Kemanapun selebriti pergi media terus mengikutinya. Indeks, media pemberitaan kabar baik dan kabar buruk selebriti cepat menyebar. Kabar buruk selebriti ditampilkan karena memiliki nilai berita. Simbol, iklan Tiket.com mempromosikan iklannya sesuai dengan kesukaan masyarakat yaitu menyukai berita selebriti sebagai hiburannya. Kesimpulan ikon, indeks dan simbol adalah seorang selebriti tidak memiliki privasi, kabar baik dan kabar buruknya cepat menyebar kepada masyarakat karena masyarakat menyukai pemberitaan selebriti sebagai hiburannya. Seharusnya ikon, indeks dan simbol iklan Tiket.com lebih bijak dalam pemilihan karakter pemeran iklan dan jalannya cerita dapat memberikan pesan moral ketika mempromosikan produk atau jasanya.Kata Kunci : Komunikasi, Iklan, Semiotika, Objek, Media Sosial
Kemunculan Jokowi di Pentas Politik Nasional Ali Noer Zaman
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2020): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.77 KB) | DOI: 10.24853/kais.1.1.43-53

Abstract

Joko Widodo atau yang dikenal dengan Jokowi adalah presiden RepublikIndonesia sejak tahun 2014. Ia merupakan presiden yang berasal dari non elite di Indonesia. Kemunculannya di pentas politik nasional merupakan hasil dari perubahan politik yang memungkinkan pemilihan presiden secara langsung. Tulisan ini membahasperubahan Jokowi dari tokoh politik menjadi pemimpin tertinggi di Indonesia dan tantangan-tantangan yang dihadapinya terutama di periodeawal menjabat sebagai presiden (2014-2019). Rujukan tulisan kebanyakanberasal dari sumber online. Data kemudian dianalisa secara filosofis.Kata Kunci: Presiden, Jokowi, Islam, Pemilu Presiden
FUNGSI MANAJEMEN ORGANISASI PELAYANAN KEMANUSIAAN DALAM YAYASAN REHABILITASI PECANDU NAPZA “SAHABAT FOUNDATION” Fardhatun Nisa; Raden Puspa Darmayanti
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 3, No 2 (2022): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.933 KB) | DOI: 10.24853/kais.3.2.72-81

Abstract

Berjalannya roda organisasi tidak lepas dari fungsi manajemen yang dijalankannya. Hal ini berkaitan dengan banyak unsur, baik program, struktur kepengurusan, dan lain sebagainya. Dengan adanya manajemen yang baik, maka roda organisasi akan berjalan semestinya menuju tujuan yang telah ditetapkan. Fungsi manajemen organisasi yang digunakan biasanya disebut POAC atau Planning (Perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (Pengarahan), serta Controling (Pengendalian). Sahabat Foundation sebagai salah satu lembaga pelayanan manusia, menggunakan fungsi ini dalam menjalankan setiap programnya. Dimulai dari perencanaan program karena adanya kebutuhan dari masyarakat sekitar mengenai isu penyalahgunaan NAPZA, pengorganisasian di mana masing-masing petugas memiliki perannya masing-masing, direktur utama memberikan mandat dan pengarahan kepada setiap koordinator mengenai tugas dan program yang dijalankan, serta dilakukan pengendalian dengan adanya pelaporan per periode dari setiap kegiatan yang dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara atau mendengarkan langsung penjelasan dari salah satu staf Sahabat Foundation. Manfaat dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana fungsi manajemen yang digunakan Sahabat Foundation selama menjalankan programnya.
ANALISIS SISTEM JARINGAN KOMUNIKASI PADA PENERAPAN AFFIRMATIVE ACTION KRL COMMUTER LINE JABODETABEK aska leonardi
KAIS Kajian Ilmu Sosial Vol 2, No 2 (2021): KAIS : Kajian Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.275 KB) | DOI: 10.24853/kais.2.2.233-248

Abstract

KRL Commuter Line telah memberi perhatian khusus pada perempuan pengguna KRL. Bentuknya adalah dioperasikannya gerbong khusus perempuan, pengadaan ruang untuk menyusui, pemberian gelang khusus bagi ibu hamil, serta bangku khusus di dalam gerbong ataupun di setiap stasiun yang diperuntukkan bagi ibu hamil, dan ibu-ibu yang membawa bayi. Namun demikian, perhatian khusus terhadap penumpang perempuan dirasa kurang maksimal. Sering terjadi keributan antar sesama perempuan di gerbong khusus perempuan. Kasus pelecehan seksual pun masih marak terjadi. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji upaya PT. KCI Commuter Line dalam menerapkan Affirmative Action bagi perempuan pengguna KRL. Dimana masih terdapat permasalahan yang muncul walau telah diberikan perhatian khusus terhadap perempuan pengguna KRL. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kajian literatur. Pencarian literatur menggunakan google scholar, situs media berita nasional, dan buku. Pada pembahasan diketahui bahwa beberapa Output yang tidak dikehendaki adalah terjadinya keributan sesama perempuan, terjadinya pelecehan seksual, serta berkurangnya empati perempuan terhadap penumpang prioritas, seperti ibu hamil, lansia, ibu membawa bayi, hingga perempuan sakit. Dapat disimpulkan bahwa pelecehan seksual terhadap perempuan adalah output tak terkendali yang tidak dapat dikontrol oleh pihak KRL Commuter Line. Namun demikian, dapat dilakukan pula suatu upaya pencegahan dengan cara mengedukasi penumpang.

Page 1 of 3 | Total Record : 29