PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia
Vol 5 No 1 (2021): Pebruari, PENDASI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia)

PENGARUH TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (TKN) TERHADAP KECERDASAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN 2019/2020

Ni Putu Yuniari (Unknown)
I Wayan Lasmawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putu Arnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teknik klarifikasi nilai (TKN) dalam pembelajaran PKn baik secara simultan dan terpisah terhadap kecerdasan dan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar (SD) Gugus Letda Made Putra. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD di Gugus Letda Made Putra Denpasar Utara Tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 409 siswa. Dari jumlah itu, dipilih 120 siswa dengan teknik sampel acak. Data kecerdasan sosial dikumpulkan dengan kuesioner skala Likert dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes isian singkat. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan formula MANAVA pada taraf kesalahan 5% dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap kecerdasan sosial dengan probabilitas sebesar 0,00, 2) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap hasil belajar dengan probabilitas sebesar 0,00 dan 3) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap kecerdasan sosial dan hasil belajar secara simultan dengan nilai probabilitas sebesar 0,00. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa TKN secara simultan dan terpisah berpengaruh terhadap kecerdasan dan hasil belajar siswa. Temuan ini berimplikasi pada penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pelajaran PKn sebagai upaya memperbaiki dan meningkatkan kecerdasan sosial dan hasil belajar siswa khususnya pada tema “peristiwa dalam kehidupan’. Saran penelitian ini adalah perlunya evaluasi materi pelajaran PKn yang dapat dibelajarkan dengan teknik klarifikasi nilai dan guru harus demokratis ketika siswa memilih karakter yang disukai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal_pendas

Publisher

Subject

Education

Description

The PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia publishes research manuscripts in the field of elementary education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to primary ...